Sepertinya tidak syak lagi bahwa ini termasuk riba.

Ikhwan yang di Jawa. Mohon ditanyakan kepada masyaikh.

Seandainya pemerintah meminjam saja dari rakyat-nya tanpa bunga. Insya Allah
saya akan memberikan pinjaman kepada pemerintah. Ini bisa menjadi alternatif
bagi ikhwan yang selama ini menyimpan uangnya di bank-bank tanpa mengambil
bunganya sama sekali.

Kalo ada ikhwan yang bisa meneruskan ide ini ke pemerintah maka semoga Allah
membalas kebaikan antum.

Wallaaahu 'alam.