Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Mungkin ini dapat membantu:
[Tafsir al Qurthuby, surat Zumar:6]

Þæáå ÊÚÇáì: "æÒæÌß" áÛÉ ÇáÞÑÂä "ÒæÌ" ÈÛíÑ åÇÁ¡ æÞÏ ÌÇÁ Ýí ÕÍíÍ
ãÓáã: "ÒæÌÉ" ÍÏËäÇ ÚÈÏÇááå Èä ãÓáãÉ Èä ÞÚäÈ ÞÇá ÍÏËäÇ ÍãÇÏ Èä ÓáãÉ Úä
ËÇÈÊ ÇáÈäÇäí Úä ÃäÓ Ãä ÇáäÈí Õáì Çááå Úáíå æÓáã ßÇä ãÚ ÅÍÏì äÓÇÆå ÝãÑ
Èå ÑÌá ÝÏÚÇå ÝÌÇÁ ÝÞÇá: (íÇ ÝáÇä åÐå ÒæÌÊí ÝáÇäÉ): ÝÞÇá íÇ ÑÓæá Çááå¡ ãä
ßäÊ ÃÙä Èå Ýáã Ãßä ÃÙä Èß¡ ÝÞÇá ÑÓæá Çááå Õáì Çááå Úáíå æÓáã: (Åä
ÇáÔíØÇä íÌÑí ãä ÇáÅäÓÇä ãÌÑì ÇáÏã). æÒæÌ ÂÏã Úáíå ÇáÓáÇã åí ÍæÇÁ ÚáíåÇ
ÇáÓáÇã¡ æåæ Ãæá ãä ÓãÇåÇ ÈÐáß Ííä ÎáÞÊ ãä ÖáÚå ãä ÛíÑ Ãä íÍÓ ÂÏã Úáíå
ÇáÓáÇã ÈÐáß¡ æáæ Ãáã ÈÐáß áã íÚØÝ ÑÌá Úáì ÇãÑÃÊå¡ ÝáãÇ ÇäÊÈå Þíá áå:
ãä åÐå¿ ÞÇá: ÇãÑÃÉ Þíá: æãÇ ÇÓãåÇ¿ ÞÇá: ÍæÇÁ¡ Þíá: æáã ÓãíÊ ÇãÑÃÉ¿
ÞÇá: áÃäåÇ ãä ÇáãÑÁ ÃÎÐÊ¡ Þíá: æáã ÓãíÊ ÍæÇÁ¿ ÞÇá: áÃäåÇ ÎáÞÊ ãä Íí.
Ñæí Ãä ÇáãáÇÆßÉ ÓÃáÊå Úä Ðáß áÊÌÑÈ Úáãå¡ æÃäåã ÞÇáæÇ áå: ÃÊÍÈåÇ íÇ
ÂÏã¿ ÞÇá: äÚã¡ ÞÇáæÇ áÍæÇÁ: ÃÊÍÈíäå íÇ ÍæÇÁ¿ ÞÇáÊ: áÇ¡ æÝí ÞáÈåÇ
ÃÖÚÇÝ ãÇ Ýí ÞáÈå ãä ÍÈå. ÞÇáæÇ: Ýáæ ÕÏÞÊ ÇãÑÃÉ Ýí ÍÈåÇ áÒæÌåÇ áÕÏÞÊ
ÍæÇÁ. æÞÇá ÇÈä ãÓÚæÏ æÇÈä ÚÈÇÓ: áãÇ ÃÓßä ÂÏã ÇáÌäÉ ãÔì ÝíåÇ ãÓÊæÍÔÇ¡
ÝáãÇ äÇã ÎáÞÊ ÍæÇÁ ãä ÖáÚå ÇáÞÕÑì ãä ÔÞå ÇáÃíÓÑ áíÓßä ÅáíåÇ æíÃäÓ
ÈåÇ¡ ÝáãÇ ÇäÊÈå ÑÂåÇ ÝÞÇá: ãä ÃäÊ¿ ÞÇáÊ: ÇãÑÃÉ ÎáÞÊ ãä ÖáÚß áÊÓßä
Åáí¡ æåæ ãÚäì Þæáå ÊÚÇáì: "åæ ÇáÐí ÎáÞßã ãä äÝÓ æÇÍÏÉ æÌÚá ãäåÇ
ÒæÌåÇ áíÓßä ÅáíåÇ" [ÇáÒãÑ: 6]. ÞÇá ÇáÚáãÇÁ: æáåÐÇ ßÇäÊ ÇáãÑÃÉ ÚæÌÇÁ¡
áÃäåÇ ÎáÞÊ ãä ÃÚæÌ æåæ ÇáÖáÚ. æÝí ÕÍíÍ ãÓáã Úä ÃÈí åÑíÑÉ ÞÇá ÞÇá ÑÓæá
Çááå Õáì Çááå Úáíå æÓáã: (Åä ÇáãÑÃÉ ÎáÞÊ ãä ÖáÚ - Ýí ÑæÇíÉ: æÅä ÃÚæÌ ÔíÁ
Ýí ÇáÖáÚ ... Ñæí Ðáß Úä Úáí ÑÖí Çááå Úäå - áÎáÞ ÍæÇÁ ãä ÃÍÏ ÃÖáÇÚå.

Dan firman-Nya ta'ala: "dan istrimu", dalam bahasa al Qur'an "istri
(zauju)" tanpa huruf ha'. Sesungguhnya telah diriwayatkan dalam
Shahih Muslim (dengan lafal) "zaujatu". Berkata kepada kami Abdullah
bin Maslamah bin Qa'nib, dia berkata: Telah berkata kepada kami
Hammad bin Salamah, dari Tsabit an Nabaani, dari Anas: Suatu ketika
Nabi shalallahu alaihi wa salam bersama salah seorang istri beliau,
kemudian beliau bertemu dengan salah seorang laki-laki, kemudian
beliau memanggilnya dan iapun mendatangi beliau, kemudian beliau
shalallahu alaihi wa salam berkata: "Wahai Fulan, ini adalah
istriku, Fulanah". Maka orang itu kemudian berkata: Wahai
Rasulullah, sesuatu yang aku dugakan untuk orang lain tidak akan aku
dugakan untukmu. Kemudian Rasulullah shalallahu alaihi wa salam
berkata: "Sesungguhnya syaithan mengalir di dalam manusia seiring
dengan aliran darah". Dan istri Adam alaihis salam adalah Hawa'
alaihas salam, dan dialah yang pertama kali menamainya demikian itu
ketika ia (Hawa) diciptakan dari tulang rusuknya (Adam) supaya Adam
alaihis salam menyukainya, karena laki-laki menyukai perempuan.
Ketika Adam menjauh dari Hawa ditanyakan kepada Adam: Siapakah ini?
Dia berkata: Perempuan. Ditanyakan kepadanya: Siapakah namanya?
Dijawabnya: Hawa'. Ditanyakan lagi: Mengapa disebut perempuan
(imra'ah)? Dijawab: Karena dia diambil dari laki-laki (mar'i).
Kemudian ditanyakan: Mengapa dinamai Hawa? Dijawab: Karena dia
diciptakan dari sesuatu yang hidup. Dan diriwayatkan bahwasanya
malaikat bertanya kepada Adam alaihis salam yang demikian ini untuk
mengetahui ilmunya, dan bahwasanya mereka (para malaikat) bertanya
kepadanya: Wahai Adam, apakah engkau menyukainya? Adam menjawab: Ya.
Kemudian mereka bertanya kepada Hawa: Wahai Hawa, apakah engkau
menyukainya? Hawa menjawab: Tidak. Dan diketahui bahwa di dalam hati
Hawa kecintaannya terhadap Adam lebih ringan dari kecintaan Adam
kepada Hawa. Kemudian para malaikat berkata: Seandainya seorang
perempuan jujur dalam hal kecintaannya terhadap suaminya, maka Hawa
benar-benar jujur. Dan berkata Ibnu Mas'ud dan Ibnu Abbas: Ketika
Adam menetap di surga dia berjalan sendiri, dan ketika ia tidur
diciptakanlah Hawa untuk menemaninya dari bagian tulang rusuknya
yang kecil sebelah kiri. Ketika Hawa menjauh, Adam melihatnya dan
berkata: Siapa engkau? Dia berkata: Perempuan yang diciptakan dari
tulang rusukmu dan dijadikanlah tulang rusuk itu bagian dariku.
Ini adalah makna dari firman-Nya ta'ala:" Dia menciptakan kamu dari
seorang diri kemudian Dia jadikan daripadanya istrinya"[az Zumar:
6]. Berkata para ulama: Karena itulah perempuan itu bengkok, karena
ia diciptakan dari sesuatu yang membengkok, yakni tulang rusuk. Di
dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah shalallahu
alaihi wa salam bersabda: "Sesungguhnya perempuan itu diciptakan
dari tulan rusuk—dan dalam riwayat lain: Dari sesuatu yang bengkok
yaitu tulang rusuk…Diriwayatkan yang demikian ini dari Ali
radhiallahu 'anhu: Sesungguhnya benar-benar Hawa itu telah
diciptakan dari salah satu tulang rusuk Adam.

Periksa dalam Shahih Bukhari (Kitabun Nikah), hadits yang
diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu anhu:
þ þÃÈí åÑíÑÉ þ
þÚä ÇáäÈí þ þÕáì Çááå Úáíå æÓáã þ þÞÇá þ þãä ßÇä íÄãä ÈÇááå æÇáíæã ÇáÂÎÑ ÝáÇ
íÄÐí
ÌÇÑå æÇÓÊæÕæÇ ÈÇáäÓÇÁ ÎíÑÇ ÝÅäåä ÎáÞä ãä ÖáÚ æÅä ÃÚæÌ ÔíÁ Ýí ÇáÖáÚ
ÃÚáÇå ÝÅä ÐåÈÊ ÊÞíãå ßÓÑÊå æÅä ÊÑßÊå áã íÒá ÃÚæÌ ÝÇÓÊæÕæÇ ÈÇáäÓÇÁ ÎíÑÇ

http://hadith.al-islam.com/Display/Display.asp?Doc=0&ID=43615&SearchText=%20ãä%20ÖáÚ
 &SearchType=root&Scope=all&Offset=60&SearchLevel=QBE

Periksa dalam Shahih Muslim (kitab Radha'ah), hadits yang
diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiallahu 'anhu tentang penciptaan
wanita dari rusuk:

þÍóÏøóËóäóÇ þ þÚóãúÑñæ ÇáäøóÇÞöÏõ þ þæóÇÈúäõ ÃóÈöí ÚõãóÑó þ þæóÇááøóÝúÙõ þ
þáöÇÈúäö ÃóÈöí ÚõãóÑó þ þÞóÇáóÇ ÍóÏøóËóäóÇ þ
þÓõÝúíóÇäõ þ þÚóäú þ þÃóÈöí ÇáÒøöäóÇÏö þ þÚóäú þ þÇáúÃóÚúÑóÌö þ þÚóäú þ þÃóÈöí
åõÑóíúÑóÉó þ þÞóÇáó þ
þÞóÇáó ÑóÓõæáõ Çááøóåö þ þÕóáøóì Çááøóåõ Úóáóíúåö æóÓóáøóãó þ þÅöäøó
ÇáúãóÑúÃóÉó ÎõáöÞóÊú ãöäú ÖöáóÚò áóäú ÊóÓúÊóÞöíãó
áóßó Úóáóì ØóÑöíÞóÉò ÝóÅöäú ÇÓúÊóãúÊóÚúÊó ÈöåóÇ ÇÓúÊóãúÊóÚúÊó ÈöåóÇ æóÈöåóÇ
ÚöæóÌñ æóÅöäú ÐóåóÈúÊó ÊõÞöíãõåóÇ
ßóÓóÑúÊóåóÇ æóßóÓúÑõåóÇ ØóáóÇÞõåóÇ þ

http://hadith.al-islam.com/Display/Display.asp?Doc=10&ID=46415&SearchText=%20ãä%20ÖáÚ
 &SearchType=root&Scope=all&Offset=20&SearchLevel=QBE

Periksa pula kitab-kitab berikut: Shahih Jami'ush Shaghir (no.90,
1942, 1943, 1944, ), dalamnya terdapat pula riwayat-riwayat yang
menceritakan tentang penciptaan Hawa.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Andy

--- In assunnah@yahoogroups.com, Rostiyan N <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalaamu 'alaikum wa rohmatullaahi wa barokaatuh,
> Akhi Hermansyah,
> mengenai pertanyaan antum, coba antum lihat Tafsir Ibnu Katsir,
pada tafsir surat Al Baqoroh Ayat 35 dan 36, disitu kalau ana gak
salah ingat terdapat hadits/atsar dari Ibnu Mas'ud tentang kejadian
Hawa.
> [...]
> alqur'an dan zikir. Sebab hal itu yang akan membantu anda sewaktu
> menjumpai Allah kelak. Anda tidak akan ditanyakan berapa banyak
> tulang rusuk adam dan hawa atau hawa dari tulang rusuk adam.
>
> Bahkan yang lebih susah nantinya kepingin tahuan anda akhirnya bisa
> menjalar menjadi penyakit ingin tahu yang sebenarnya tidak perlu
> anda ketahui. Bisa akhirnya menyebabkan kebingunan anda, karena
> keterbatasan anda dalam memahami karena keterbatasan fikiran kita.
>
> Saran saya ; kuatkan ibadah dan amal amal lainnya dan terutama
> kuatkan silaturrahmi sesama umat islam dan biacarkan kebesaran
Allah