Wa'alaikum salam

Syaikh secara bahasa artinya kan orang yang sudah Tua
Ustadz secara bahasa artinya kan orang yang mengajar
Kemungkinan kalau mereka sedang tidak bercanda ya mereka menggunakan istilah
tersebut secara bahasa. Dan ini menurut ana nggak ada masalah. Tidak
melanggar syariat Rabbul 'Alamin. Dan tidak perlu dipermasalahkan.

Seperti dilain waktu ada tetangga ikhwaniyin mengadakan program bersama
murobinya namanya Ziarotu Syuyukh. Sekilas kalau mendengar namanya bagus
sekali. siapa yang mereka ziarah-in? Ustadz-nya yang sudah senior/lama dalam
harokah. Berarti Syaikh disini mereka artikan kesenioritasan dalam
organisasi.

Mengutip perkataan seorang Ustadz yang dulu pernah gabung dengan para
harokiyin. Bahwa Murobi dalam harokah dibangun bukan berdasarkan
keilmuwannya. tapi berdasarkan kesenoiritasan. kata dia, masa saya anak
LIPIA murobinya dari UI. Kalau dilihat dari pendidikan agama yang didapat
memang yang dari LIPIA seharusnya lebih alim dalam hal agama dibanding dari
UI. tapi karena yang dari UI sudah lama ikut organisasi dan sudah senior
maka dia bisa menjadi murobi bagi orang yang dari LIPIA karena anggota baru.
(CMIIW)

Allahu Ta'ala A'lam

=Abu Faiz=