HUKUM KARTU KREDIT
Ulama : Syaikh Ibnu Jibrin
Kategori : Jual Beli - Riba

Pertanyaan:
Saya mempunyai kartu bank yang disebut dengan Kartu Kredit. Melalui keanggotaan
ini saya bisa membeli setiap kebutuhan yang saya perlukan, khususnya ketika
dalam perjalanan di mana saya sangat antusias untuk tidak menggunakan uang,
karena untuk menjaga keamanan dari pencurian dan kehilangan. Mengingat,
keanggotaan pada kartu ini mewajibkan saya untuk membayar tagihan tahunan.
Dalam hal ini, bank di mana saya berlangganan mengirimkan daftar bulanan bagi
barang yang telah dibeli tanpa mengenakan biaya tambahan. Hanya saja, dalam
kondisi saya tidak melunasi tagihan bulanan, maka dikenakan bunga atas hal itu.
Perlu diketahui, bahwa saya tidak akan terlambat dalam membayar tagihan karena
biayanya terpenuhi (ada). Apa hukum kartu tersebut?

Jawaban:
Dalam pandangan saya, tidak boleh berlangganan pada kartu seperti ini karena
adanya tagihan tahunan diambil dari para anggota. Di samping itu, karena hal
itu membuat anda dibatasi untuk tidak membeli kecuali dari orang-orang tertentu
saja, atau bila anda terlambat melunasinya, maka bank tersebut akan menambah
biaya bagi anda, dan tambahan biaya ini tidak lain adalah riba yang kentara,
akan tetapi bila anda takut terjadi pencurian terhadap uang anda dalam kondisi
perjalanan, maka mungkin dibolehkan menggunakan kartu tersebut sesuai ukuran
keperluannya saja.

Rujukan:
Al-Lu'lu' Al-Makin Min Fatawa Ibn Jibrin, Hal.206,207.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 2, penerbit Darul Haq.
Sumber: http://fatwa-ulama.com