Assalamualaikum

sama'an maksudnya menyemak secara langsung, mendengar
secara langsung, mungkin yang dimaksud akhi dari
malaysia syaikh al albany tidak terbukti meriwayatkan
hadis dengan cara mendengar langsung, sehingga derajat
hadistnya tidak setinggi yg mendengar
langsung/sama'an.
Itu yg bisa saya tangkap, sepengetahuan saya yg sering
berinteraksi sama orang malaysia.
Kalo memang demikian akhi dari malaysia yang saya
tahu, syaikh meneliti hadist jg berdasarkan kitab2
para salaf, dimana syaikh bisa membedakan periwayat
itu hafalannya lemah, atau suka bohong, atau jujur,
atau ahli bid'ah, berdasarkan kitab2 para salaf,
karena syaikh tidak mungkin bertemu langsung dengan
sanad/periwayat sesebuah hadist, tapi syaikh bisa
meneliti periwayat dari pendapat kebanyakan salaf,
sehingga hasilnya bisa lebih bagus, karena para ahli
hadis salaf kemungkinan tidak ketemu satu sama lain,
sehingga mungkin suatu berita tidak sampai pada salah
satu ahli hadist, dan syaikh bisa mengetahui semua
pendapat ahli hadist dari kitab2nya.
mudah2an ini bisa membantu memberi penjelasan

Wassalamualaikum

http://mail.yahoo.com