Bismillah..

Afwan, saya masih kurang jelas dengan keterangan berikut :

Adapun qunut shubuh terus menerus adalah bid'ah sebagaimana yang dijelaskan
sahabat Rasulullah ShallallaHu 'alaiHi wa sallam, Abu Malik Al Asyja'i ra.
Sa'ad bin Thariq bertanya kepada bapaknya, Abu Malik Al Asyja'i ra.,

"Wahai ayah, engkau pernah shalat di belakang Rasulullah, Abu Bakar, Umar,
Utsman dan Ali di kufah ini kira – kira selama 5 tahun. Apakah mereka melakukan
qunut pada shalat shubuh ?" Lalu ia berkata, "Wahai anakku, itu adalah perkara
yang diada – adakan (bid'ah)" (HR. Ahmad III/472 dan Ibnu Majah I/393, hadits
ini dishahihkan oleh Syaikh Albani dalam Al Irwa no. 435)

Sementara di hadits lain disebutkan bahwa Rasul pernah melakukan qunut sebulan
berturut2 diwaktu shalat fardu termasuk shalat subuh. Pertanyaan saya,
bagaimana hukumnya melakukan qunut di shalat fardu subuh?

--
Ucha,-