----- Original Message -----
From: "Ervin Listyawan" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Friday, November 10, 2006 10:10 AM
Subject: [assunnah] Re: Sholatnya Makmum Masbuq pada Imam? (jawab)

> Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh,

Wa'alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh

> [...]
> tentu akan sulit kalau mau sholat kalau tertinggal, krn cuma di situ
> masjidnya, kecuali cari masjid lain di luar kantor yang bukan imam
> tetap, sekiranya masjid kantor tsb diadakan imam tetap).
>
> Kebetulan teringat materi ta'lim di kantor kemarin lusa, memang
> idealnya di masjid diberi imam tetap, dibayar dan difasilitasi, cari
> yg hafidz dll (kriteria imam yang benar), bisa mengajari jamaah +
> masyarakat sekitar (spy masjid terasa manfaatnya) dll. Tapi kalau ada
> hukum demikian apa ya nggak merepotkan jamaah buat sholat kalau

Jika telah sepakat dgn manfaat adanya imam tetap yg sesuai dgn kriteria yg
benar, maka apalagi yg merepotkan?
Masalah ma'mum yg tertinggal sholat berjama'ah karena uzur maka hal itu
menjadi tanggung jawab pribadi bagi individu yg tertinggal, bukan tanggung
jawab sang imam.
Jadi, kedisiplinan ttg waktu shalat lah yg harus diperbaiki, bukannya
meniadakan imam tetap hanya dgn alasan khawatir merepotkan buat makmum yg
tertinggal sholat jama'ah.
Jika alasan tsb yg dipertimbangkan maka tidak akan pernah ter-realisasikan
untuk menjadikan adanya imam tetap.

"Sesungguhnya shalat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas
orang-orang yang beriman."[An Nisaa' : 103]