Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokaatuh,

Utk 1.
Tidak boleh semua dipukul rata, hanya beberapa sholat sunnah saja
yang boleh atau bahkan dikuatkan berjamaah. Contoh: Sholat Istisqo,
Tarwih / Tahajjud dll. Dalilnya ibadah harus sesuai contoh (ittiba)
Rasulullah.

Bisa dibaca di buku meneladani sholat-2x sunnah Rasulullah.

Utk 2.
Harus sesuai duduk imam. Dalilnya dalil umum, yaitu makmum mengikuti
imam. Adapun hukum sisanya adalah qodho (menyempurnakan) kekurangan
rakaat.

Utk 3.
Saya belum begitu yakin juga, tetapi dari beberapa kajian yang saya
ikuti, biasanya jawabannya justru lebih afdol saat sujud, dan boleh
juga saat setelah tahiyyat akhir, serta saat sebelum atau sesudah
ruku' - pada saat sholat, bukan setelahnya. Wallahu a'lam.

Mohon dikoreksi juga kalau ada pemahaman saya yang menyimpang dari
sunnah, sama-2x saling mengoreksi.

Wassalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokaatuh

Ervin L

--- In assunnah@yahoogroups.com, "MEDAN SKD" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu 'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh
>
> 1.Bolehkah semua sholat sunat dilakukan secara berjamaah? Atau
hanya sholat2 sunat tertentu saja yag boleh dilakukan berjamaah?

> 2. Kalo makmum ketinggalan misalnya satu rakaat, bagaimana posisi
duduk makmum tsb pada waktu imam duduk tasyahud akhir, apakah
mengikuti posisi duduknya imam atau posisi duduknya makmum seperti
posisi duduk tasyahud awal?

> 3. Setelah selesai sholat fardhu dan ingin berdoa dimanakah yang
lebih baik dilakukan, apakah setelah dzikir atau setelah sholat sunat
rawatib?