Mengomentari produk yang dikonsumsi berlabel GMO (Genetically Modified
Organism); sampai saat ini FDA (Food and Drug Administration, USA) belum
membolehkan beredarnya produk ini di pasar Amerika Serikat. Dikhawatirkan ada
efek samping akibat perubahan struktur genetik tumbuhan atau hewan aslinya. Itu
sebabnya semua hasil percobaan perubahan struktur genetik TIDAK pernah
dikonsumsi tapi langsung dimusnahkan.

Peringatan ini sengaja saya sampaikan karena pengalaman sewaktu pulang ke
Surabaya April-Mei 2006 yang lalu; Ibu mertua saya sempat ingin membeli produk
GMO ini karena harganya lebih murah. Harap lebih berhati-hati.

Dhany Arifianto (1393H)
Lancs, UK

--- In assunnah@yahoogroups.com, "aqila nuha" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh
>
> 3. Sebagaimana dijelaskan dalam salah satu artikel yang telah
di'share' dalam milis ini, hukum fiqh suatu perkara bisa berubah
dengan berubahnya waktu, bila ternyata terdapat pengetahuan baru
tentang masalah tersebut, atau terdapat perubahan fakta dalam masalah
tersebut. Saya pernah baca tentang riset rekayasa genetik yang
dilaksanakan di University of Hawai terhadap tanaman tembakau. Hasil
rekayasa genetik seperti ini biasanya akan menghasilkan organisme baru
yang sering disebut dengan GMO (Genetically Modified Organism) atau
individu transgenik. Dalam penelitian tersebut, ekspresi gen yang
menghasilkan nikotin pada tembakau direkayasa untuk dihilangkan. Saya
nggak tahu hasilnya seperti apa. Tapi seandainya riset tersebut
berhasil dan 'applicable' untuk dimassalkan, apakah hukum merokok bisa
berubah menjadi halal karena bahan tembakaunya tidak lagi mengandung
nikotin ?

> Bagi yg berilmu, mohon tanggapannya. Jazaakumulloh khoiron.
>
> Wassalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh
>

> [Catatan Admin]
> Kami hanya mengingatkan kepada antum, para pelanggan milis Assunnah,
untuk tidak membiasakan membuat atau mengirimkan pertanyaan dengan
kata "seandainya". Masih banyak ilmu syar'i sesuai dengan pemahaman
para salafusshalih yang belum kita pelajari. Mohon tidak memberatkan
diri antum dengan pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Demikian tambahan
dari kami. Wallahu'alam

Ketentuan posting : http://www.assunnah.or.id/ragam/aturanmilis.php