----- Original Message -----
From: "edi triono" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, December 07, 2006 5:44 PM
Subject: [assunnah] Tanya: Makmum yang ketinggalan Jamaah

> Assalamu'alaikum

wa'alaykumussalam

> 1. Apakah ada dalilnya apabila ada makmum yang ketinggalan sholat jamaah
yg terdiri 2 orang (1 imam, 1 makmum), maka makmum yang kedua harus berdiri
di sebelah kiri imam dan bukannya menarik makmum yg pertama untuk mundur?

yg benar adalah makmum yg pertama mundur dan berdiri bersama makmum yg kedua
di belakang imam.

> 2. Apabila imam mendapati makmum yang kedua berdiri di sebelah kiri imam,
sehingga 2 makmumnya berdiri di sebelah kanan dan kiri imam (sejajar),
apakah imam boleh maju agar makmumnya berada di belakang imam dan merapat
satu sama lain?

Bukan Imam nya yg maju, tapi makmumnya yg harus mundur kebelakang

Kedua jawaban tsb dalilnya adalah:
Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata ; "Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
pernah berdiri shalat, kemudian aku datang, lalu aku berdiri disebelah
kirinya, maka beliau memegang tanganku, lantas ia memutarkan aku sehingga ia
menempatkan aku sebelah kanannya. Kemudian datang Jabbar bin Shakr yang
langsung ia berdiri di sebelah kiri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa
sallam. Lalu beliau memegang tangan kami dan beliau mendorong kami sehingga
beliau mendirikan kami dibelakangnya". [Shahih Riwayat Muslim & Abu Dawud]

Sumber :
http://almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1322&bagian=0

Ketentuan posting : http://www.assunnah.or.id/ragam/aturanmilis.php