On 12/9/06, Zaki Rachmawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>Assalaamu'alaykum warahmatullahi wabarakaatuh,
>
>Saya dapat petikan dari riwayat di bawah ini, apakah ada rekan2 yang
>mengetahui derajatnya?
>
>"Barang siapa yang mengawini dua perempuan, sedangkan ia tidak bisa
> berbuat adil kepada keduanya, pada hari akhirat nanti separuh tubuhnya akan
> lepas dan terputus"
>
>(Jâmi'al-Ushûl, juz XII, 168, nomor hadis: 9049).
>
> Jazakallahu Khoir

Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh
Semoga antum dan saudaraku yang lain dalam milist ini senantiasa diberikan
kemudahan untuk merujuk kepada kebenaran berdasarkan al-Qur-an dan as-Sunnah
menurut pemahaman para Shahabat
Alhamdulillah ana dapati keterangan lebih detail dari hadits itu, derajat
hadits itu shahih terdapat dalam

Sunan Abu Dawud no.  2133, Sunan at-Tirmidzi no. 1141, Sunan an-Nasai no.
3942, Sunan Ibnu Majah no. 1969, Musnad Imam Ahmad II/347 no. 8549, Sunan
ad-Darimi no. 2206, Shahih Ibnu Hibban no. 4207, Mustadrak hakim II/203
dan dishahihkan oleh Syaikh al-Albanid dalam Irwa-ul Ghalil VII/80 no.
2017,
Hadits tersebut mempunyai syahid (penguat karena mempunyai matan yang
hampir sama-lihat/rujuklah Nukhbatul Fikr tentang pengertian syahid-yaitu
wa syaqqahu ma-il dan separuh bagian tubuhnya lumpuh (lihat Sunan  dan bagi
yang ingin merujuk lebih jelasnya antum bisa membaca attachment ana.

Sedikit ana tambahkan bahwa kata menikahi dua perempuan itu juga mencakup
jumlah diatasnya yaitu menikahi tiga atau empat perempuan- lihat penjelasan
di Hasyiah As-Sindi Ala An-Nasa-i V/63 dan Aunul Ma'bud VI/121.

semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Abu Dhabi 19 Dzul Qa'dah 1427/9 Desember  2006