>From: "Giri Dwiputra" [EMAIL PROTECTED]
>Date: Tue Dec 12, 2006 4:06 am (PST)
>Assalamu'alaykum Warohmatullaah Wabarokaatuh
>ana mau tanya:
>1. Ulil amri seperti apa yang harus kita patuhi?
>2. Bila ulil amri melakukan banyak kemaksiatan, bagaimana cara
>menghadapinya?
>3. Apa yang bisa kita lakukan untuk saudara-saudara kita di belahan bumi
>lain seperti di palestine n afghanistan? Apakah bila kita berangkat
>menyumbang tenaga bisa disamakan dengan jihad?
>Jazakallaah khoiron.

Alhamdulillah
Dalam mensikapi kejadian-kejadian yang menimpa saudara-saudara kita di
belahan bumi lain, seperti kasus Bosnia Herzegovina, Kosovo, Chechnya,
Afghanistan, Palestina dan juga pernah terjadi di Indonesia (Maluku).
Dibawah ini akan saya kutipkan dari situs almanhaj, nasehat ulama dalam
mensikapi masalah tersebut, untuk lebih lengkapanya silahkan membacanya di
almanhaj. Wallahu a'lam

NASEHAT DAN FATWA JIHAD

Oleh
Syaikh Shalih bin Sa’ad As-Suhaimi Al-Harby
sumber http://www.almanhaj.or.id

... halaman ke-2

Adalagi perkara yang lain yang tidak mungkin dikatakan fardhu kifayah atau
fardhu ‘ain, yaitu menolong kaum muslimin ketika negeri mereka dirusak,
kehormatan mereka diinjak, atau mereka dizalimi sementara tidak ada panji
jihad yang berkibar, maka yang ada hanyalah menolong secara umum karena kaum
muslimin tidak memiliki jumlah yang cukup, tidak memiliki perlengkapan yang
matang atau kekuatan yang memadai.

Apabila keadaan seperti ini, seperti yang terjadi di Bosnia Herzegovina,
Kosovo, Chechnya atau yang lainnya, maka yang ada ialah menolong dan
memperkuat barisan kaum muslimin secara umum, namun tidak dinamakan fardhu
kifayah atau fardhu a’in yang wajib untuk ikut di dalamnya. Namun kewajiban
kaum muslimin secara umum ialah menolong saudara mereka dengan harta. Siapa
yang ikut bersama mereka untuk membela negerinya maka ini adalah baik dan
diharapkan. Karena tidak adanya panji jihad maupun persiapan yang memadai
yang menjadi faktor penyebab datangnya pertolongan Allah.

Tetapi seperti apa yang saya katakan, yang ada di waktu itu adalah tolong
menolong dan bahu membahu bersama kaum muslimin sesuai dengan kemampuan
kita. Tetapi jangan sampai kita menyesatkan pemuda-pemuda Islam dengan
mengatakan bahwa “ Jihad ini adalah wajib kalian lakukan sehingga jika
kalian tidak ikut akan berdosa” ini jelas tidak benar. Yang wajib bagi kaum
muslimin ialah menolong saudara-saudara mereka yang didzalimi semampu dan
sekuat tenaga dimanapun mereka berada.

Dan apa yang terjadi sekarang di kepulauan Maluku, Indonesia, maka tidak
diragukan lagi bahwa menolong kaum muslimin di situ dan memperkuat barisan
mereka serta benar-benar berusaha menolong mereka secara moril maupun
materil adalah perkara yang mesti bagi kaum muslimin. Marilah kita
bersungguh-sungguh untuk menolong mereka dengan apa yang kita sanggupi
secara moril maupun materil, namun tidak memfatwakan kepada para pemuda
Indonesia bawasanya wajib untuk pergi ke pulau itu dan mengumumkan jihad
tanpa adanya seorang Imam, atau sengaja membangkitkan semangat mereka untuk
melakukan hal ini sementara mereka berada diantara dua api.

Api Nasrani yang merupakan mayoritas penduduk pulau itu dan peringatan
pemerintah Indonesia yang akan menghalangi setiap pergerakan yang menamakan
jihad.

http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1987&bagian=1