Assalamu 'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh

Saya pernah sholat berjamaah di salah satu masjid di kota saya.
Setelah selesai adzan baru kemudian dilakukan sholat sunat.
Tapi setelah selesai sholat sunat, setelah agak lama (kira2 20 menit setelah
adzan) sholat belum juga dilaksanakan. Trus saya tanya kepada jamaah lainnya,
katanya lagi nunggu imamnya.

Pertanyaan saya apakah kita harus menunggu imam walaupun imamnya agak lama
datangnya? atau kita harus segera mendirikan sholat berjamaah dengan menjadikan
salah satu jamaah sebagai imam?

Mohon penjelasannya disertai dalilnya.
Terima kasih

Assalamu 'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh
Abi Rizqa Wan Nailan