>From:"nugroho agung" <[EMAIL PROTECTED]>
>Date: Fri Jan 19, 2007 12:54 pm
>Asalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
>Melalui milis ini saya ingin menanyakan tentang hukum
>mengenai ilmu laduni. Karena saya mendengar bahwa ada
>suatu pondok pesantren di daerah Paiton/ Situbondo mampu
>mengajari setiap orang yang ingin belajar suatu bahasa
>secara cepat. Dimana untuk mempelajari ilmu tersebut kita
>akan diberikan suatu minuman (minuman berkhasiat???),dan
>tak lama kemudian kita akan mampu mengucapkan bahasa yang
>kita ingin kuasai tersebut secara cepat, walaupun masih
> [...]

Alhamdulillah
Ilmu Laduni adalah merupakan suatu  keyakinan orang-orang Sufi, seperti
kutipan dibawah ini yang saya salin dari almanhaj

ILMU LADUNI
Istilah ini dikaitkan kepada firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala tentang nabi
Khidir:

"wa 'allamnaahu min Ladunnaa 'ilmaan"
"Artinya :...Dan Kami ajarkan kepadanya ilmu dari sisi Kami.". [Al-Kahfi :
65].

Yang dimaksud dengan ayat diatas, menurut mereka, adalah disingkapnya alam
ghaib bagi mereka. Caranya, dengan kasyaf (penyingkapan), tajliyat
(penampakan) serta melakukan kontak langsung dengan Allah dan Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam[1]. Mereka berdalil dengan firman-Nya
Subhanahu wa Ta'ala.

"Artinya : Dan bertaqwalah kepada Allah, maka Allah akan mengganjari kepada
kalian semua". [Al-Baqarah : 282].

Pemikiran ilmu laduni dipelopori oleh Hisyam Ibnu Al-Hakam (wafat 199H),
seorang penganut Syi'ah yang mahir ilmu kalam. Ia berasal dari Kufah. [2]

Kedua
Adapun hujjah mereka dengan firman-Nya Subhanahu wa Ta'ala.

"Artinya : Dan bertaqwalah kepada Allah dan Allah akan mengajarimu (ilmu)".
[Al-Baqarah : 282]

Hal itu bukanlah hujjah, karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
telah menerangkan pemahaman ayat ini dan telah menentukan cara mencari ilmu
yang disyari'atkan dan diwajibkan atas setiap muslim. Seperti sabdanya
Shallallahu 'alaihi wa sallam.

"Artinya : Sesungguhnya ilmu itu (diperoleh) dengan cara belajar". [Hadits
Riwayat Daruquthni dalam Al-Ifrad wa al-Khatib dalam tarikhnya dari Abu
Hurairah dan Abu Darda'. Lihat Silsilah Ash-Shahihah 342]

Ketiga.
Perihal pendapat mereka yang menyatakan, bahwa mencari ilmu dengan cara
belajar adalah jalan yang memayahkan, terlalu bertele-tele, dianggap condong
kepada dunia serta menyita perhatian dan kesungguhan (walaupun telah tinggi
dalam menuntut ilmu tadi), tetap dianggap tidak sempurna. Kecuali, bila
ditempuh dengan cara kasyaf dan ilham.

** Untuk lebih jelasnya silakan membaca artikel dibawa ini**
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=318&bagian=0