On 1/23/07, boy susanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamu,alaikum

Wa 'alaykumus salaam warahmatullah,

> Adik saya, insya Allah akan melanjutkan sekolahnya tahun depan di Arab Saudi,
> tapi menurut informasi ia harus menyertakan surat rekomendasi dari Menteri
> Agama dan Presiden sebagai salah satu syarat yg harus dipenuhi.

Pertama, sebaiknya dikonfirmasi lagi ke sekolah tersebut mengenai
persyaratan yang dibutuhkan. Juga apakah ada format khusus untuk surat
tersebut dan keterangan apa saja yang perlu dicantumkan.

Sejujurnya, rasanya agak aneh permintaan surat rekomendasi hingga
level kepala negara; umumnya surat rekomendasi berasal dari pengajar
di institusi pendidikan sebelumnya atau dari organisasi Islam setempat
untuk beasiswa dari lembaga Islam. Untuk melamar ke universitas Islam
seperti Ummul Qurra, Makkah biasanya yang dicari rekomendasi dari
masyayikh. Sebagai catatan, saya kini studi di Arab Saudi di King Fahd
University of Petroleum and Minerals.

Barakallahu fiikum.

--
Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)