Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Hari kamis lalu saya ikut mendengarkan kajian bermanhaj salaf di salah satu
masjid di jakarta utara.
Pada saat menjawab mengenai pekerjaan PNS (kurang lebih seperti itu) ustadz-nya
menjelaskan (kurang lebih) bahwa kita cukup memperhatikan apakah pekerjaan yang
kita lakukan itu halal atau haram, tidak usah melihat dari mana asal uang
pemerintah yang menggaji kita. dan kesimpulannya menjadi PNS boleh-boleh saja.
Ini tentunya terkait dengan kenyataan bahwa uangnya pemerintah itu berasal dari
pajak. Dan pajak bertentangan dengan syariat.
Ustadz menambahkan bahwa kalau kita tidak menjadi PNS maka nanti pemerintahan
akan diisi oleh orang-orang yang tidak baik (kurang lebih seperti itu).
Sampai di situ saya setuju.

Kemudian yang hendak saya konfirmasikan di milis ini adalah:
Bagaimana jika saya tarik kaidah yang dikemukakan ustadz di atas ke pekerjaan
"menjadi pengawas bank syariah atau menjadi cleaning service di Bank Indonesia".
Mengawasi bank syariat atau menjadi cleaning service adalah pekerjaan yang
halal (CMIIW). Apakah kemudian kita tidak usah memperhatikan dari mana employer
memperoleh pendapatannya? (BI memperoleh pendapatannya dari pengelolaan devisa
yang bercampur antara halal dan haram)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa bekerja menjadi pengawas bank syariah atau
cleaning service di BI itu halal. karena kita hanya melihat dzat pekerjaan kita
saja dan tidak melihat dari mana employer kita memperoleh uang.
Apakah benar seperti itu?

Maaf bahwa saya tidak bisa menkonfirmasikan hal tersebut ke ustad dimaksud
karena posisi saya memang tidak memungkinkan untuk mendekati ustad tersebut
secara personal maupun bertanya secara tertulis. Tapi mungkin di antara anggota
milis ada yang mengetahui jawabannya.

Terimakasih
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Abu zaid
Depok

Be a PS3 game guru.
Get your game face on with the latest PS3 news and previews at Yahoo! Games.

HADIRILAH ! TERBUKA UNTUK UMUM SILATURAHMI ULAMA & UMAT-4 BERSAMA MURID-MURID
SYAIKH AL-ALBANI RAHIMAHULLAH : SYAIKH SALIM BIN IED AL-HILALI, SYAIKH ALI BIN
HASAN AL-HALABI, SYAIKH DR MUSA ALU NASR, MASJID ISTIQLAL SABTU, 10 FEBRUARI
2007 JAM 09.00 - DZUHUR DAN JAKARTA ISLAMIC CENTRE JAKARTA UTARA, AHAD 11
FEBRUARI 2007 JAM 09.00 - DZUHUR, INFORMASI 08121055891, 08121055616,
08129040267.