Assalamu'alaikum ...
Kira-kira 8 tahun silam ... saya pernah ngobrol dengan seorang penerjemah
asal Jepang.
Menurut beliau, Shinto itu sebetulnya bukan agama tetapi ajaran "budi
pekerti" nenek moyang.
Masyarakat Jepang sangat patuh menjalankan ajaran-ajaran tersebut karena itu
merupakan tuntutan keseimbangan / keselarasan dalam hidup dalam masyarakat
Jepang.  Di masyarakat Jepang dikenal pemeo adanya 3 tahapan dalam hidup
orang Jepang saat ini.
Lahir sebagai Shinto, menikah dengan cara Kristen, dan mati sebagai Budha.
Dengan kata lain, dalam masyarakat Jepang nampaknya sampai saat ini
belum ada fanatisme agama, karena memang belum ada agama yang memiliki akar
yang kuat.   Wallahu'alam.

Nah, kembali kepada masalah ikhwan-nya ikhwan Sayuti, pada tahap awal jangan
terlalu dipertentangkan antara Shinto dan Islam.
Secara perlahan jika pemahaman Islamnya sudah kuat, saya kira nanti beliau
dapat memilih sendiri.
Yah, semoga Allah memberikan hidayahnya.   Salam.

On 2/7/07, sayuticom <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Bismillahir rahmanir rahiim..
> Assalamu 'Alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,
>
> Afwan, Sy punya seorang teman usianya 19 tahun. Bapaknya Islam
> sedangkan Ibunya shinto. Sekarang di lagi bingung untuk menentukan
> pilihan antara Islam dengan shinto karena kedua-duanya telah melekat
> dari keluarganya. Satu sisinya dia Islam, sisi lain dia masih percaya
> kepada agama shinto. Pertanyaanya bagaimana cara saya untuk meyakinkan
> dia bahwa islamlah yang pantas di pilih. Mohon penjelasannya. Syukron.
>
> Wassalamu 'Alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh,

HADIRILAH ! TERBUKA UNTUK UMUM SILATURAHMI ULAMA & UMAT-4 BERSAMA MURID-MURID
SYAIKH AL-ALBANI RAHIMAHULLAH : SYAIKH SALIM BIN IED AL-HILALI, SYAIKH ALI BIN
HASAN AL-HALABI, SYAIKH DR MUSA ALU NASR, MASJID ISTIQLAL SABTU, 10 FEBRUARI
2007 JAM 09.00 - DZUHUR DAN JAKARTA ISLAMIC CENTRE JAKARTA UTARA, AHAD 11
FEBRUARI 2007 JAM 09.00 - DZUHUR, INFORMASI 08121055891, 08121055616,
08129040267.