Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh.

Dalam beberapa ayat al-qur'an sering di sebut-sebut tentang perbudakan, sebagai
contoh dalam Surat al-mu'minuun ayat 5-6 :

"(5) dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, (6) kecuali terhadap
isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka
dalam hal ini tiada terceIa."

Pertanyaannya :
- Apakah Islam membenarkan sistem perbudakan?
- Atau ada dalil al-qur'an atau hadist yang menyatakan bahwa sistem perbudakan
sudah tidak diperbolehkan.

Ini menjadi pertanyaan dalam diri saya, dan beberapa waktu lalu ada teman saya
yang menanyakan hal ini kepada saya.

Mohon penjelasannya lengkap dengan dalil-dalil nya..

WAssalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh.