assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkenalkan saya anggota baru yang
selalu ingin tahu tentang segala hal dalam masalah ibadah yang diajarkan oleh
Rasulullah Sallallahi alaihi wassalam, maaf kalau saya belum banyak menggunakan
kata-kata dalam bahasa arab, karena saya masih awam akan hal itu, namun Insya
allah dengan ikut gabungnya saya ke milis ini saya akan memetik banyak manfaat.
Saya ingin bertanya pada rekan-rekan milis :
1. Apakah qadha dalam shalat lima waktu itu ada? persoalannya begini, misalnya
saya dapat haidh ketika waktu menunjukan 18.20, sedangkan pada waktu itu saya
masih di jalan sehingga saya belum sempat untuk shalat maghrib. Apakah ketika
suci nanti saya wajib untuk mengqodho shalat tersebut?
2. Jika seseorang pernah melakukan dosa-dosa besar yaitu maaf berzinah, dan
saat ini dia sudah menikah dengan pasangan zinahnya, dan masing-masing suami
istri tersebut sekarang sudah bertaubat dan dikaruniai dengan 3 orang anak yang
lahir ketika mereka sudah menikah dengan sah. Bagaimana caranya supaya Allah
mengampuni segala dosa-dosa mereka di masa yang lalu? sedangkan dosa yang telah
pernah mereka lakukan sangat-sangat besar?

Jazakumullah khairon katsiir
wassalamualaikum warahmatullahiwabarokatuuh

ummu fatharani