Assalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Bagaimana bilamana suami sholat 2 kali, pertama di masjid sebagai makmum,
kemudian mengimami istri/keluarga di rumah, karena saya pernah baca bahwa
sahabat Nabi ada yang berbuat demikian (kalau tidak salah Mu'adz, yang masalah
membaca surat Al-Baqarah saat sholat Isya', ada yang menyebutkan itu sholat
ke-2-nya setelah sholat Isya bersama Rasulullah dan kebetulan diakhirkan
waktunya).

Bagaimana derajat hadisnya, dan syarat-syarat/kaidah untuk melakukannya (mana
yang boleh, tidak boleh, mana yang sunnah dan mana yang bukan)?

Jazakallah khoir.

Wassalaamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,

Ervin L

--- In assunnah@yahoogroups.com, "Ahmad Ridha" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Wa 'alaykumus salaam warahmatullah,

> Secara ringkas, insya Allah lebih utama bagi suami untuk shalat
berjama'ah di masjid sedangkan istri shalat di kamar di rumah. Cari
masjid yang imamnya memiliki bacaan yang baik sehingga suami dapat
mendengar contoh bacaan yang baik sementara berupaya memperbaiki
bacaannya.

> Untuk detailnya silakan cari artikel di arsip milis mengenai hukum
shalat berjama'ah di masjid bagi laki-laki dewasa dan keutamaan
shalat di rumah bagi perempuan.