On Tue, 27 Feb 2007 15:05:37 +0700, Ummu Maryam wrote:

> Assalaamu'alaykum wa rohmatulloh wa barokaatuh ....
>
> pertanyaannya :
>
> 1. Apakah saya harus mengkonfirmasi bahwa Salaf bukan seperti yang
> mereka (akhwat "R") pikir ? (walopun saya konfirmasi mungkin hanya
> dianggap angin lalu ..... )
>
> 2. Bagaimana kata-kata yang baik (alasan) untuk meminta ijin keluar dari
> liqo (tanpa ada yang sakit hati)
>
> afwan apabila ada kata-kata yang tidak berkena dan alur yang mungkin
> mbulet mohon bantuannya dan nasehatnya .... segera .....
>
> Jazakumulloh Khoiron katsiron ...

@akh Hanif,
afwan ana gak bisa menyalahkan individualnya, karena yang salah disini adalah
jamaah/organisasinya.

@Ummu Maryam
1. sudah biasa anak salafi dianggap seperti itu, tapi malah baru kali ini ana
tahu kalo dianggap gerakan 'pengsalafan'. anyway, dikonfirmasi ataupun nggak
nggak akan ada bedanya, seperti yang anti ketahui sendiri, umumnya akhwat lebih
mementingkan perasaan daripada akal. dan implikasinya adalah mementingkan
temannya (walau salah) dari pada kebenaran (walau sudah jelas). itu juga
mungkin alasan kenapa jumlah akhwat PKS itu berkali2 lipat ikhwannya, karena
mereka nyaman dan banyak teman di sana.

insya Allah perilaku dan sikap akan berbicara lebih keras daripada kata-kata.
jadi tunjukkan saja perilaku yang ma'ruf.

2. cara untuk keluar dari liqo', tanpa ada yang sakit hati ya tinggal bilang
bahwa anti tidak menemukan apa yang anti cari di sana. kosong dengan ilmu dan
menyita waktu. jika disampaikan dengan baik, insya Allah gak ada yang sakit
hati (kecuali memang hati mereka sakit). ingat, mereka memang terbiasa
mengucil-ngucilkan. jangan ditanya berapa kali ana di moderated di milis JMMI,
di 'asing'kan di kajian jurusan, dan ditempat lainnya yang menjadi domain
mereka. tapi ya itu adalah resiko. alhamdulillah masih ada aja ikhwan yang
sedikit sedikit terpengaruh dengan ana karena ketegasan ana.

semoga menjawab pertanyaannya

--
Wassalamu'alaykum Wa Rahmatulloh Wa Barokatuh

Brian Arfi Faridhi / Fauzan bin Hadi
0856-336-4677
Semolowaru Elok G-7 Surabaya 60119