----- Original Message -----
From: "Dodi Kristanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <assunnah@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, March 27, 2007 8:37 AM
Subject: RE: [assunnah] Tanya : Ibadah & Bid'ah

> [...]
>
> Misalnya :
> kita datang ke suatu kampung yg pada hari itu melakukan perayaan maulid
> Nabi yg disertai dg doa bersama, zikir berjamaah, hiburan artis ibukota,
> dll tetapi kedatangan kita tsb bukan untuk ikut merayakannya hanya
> sebatas melihat saja bagaimana perayaan yg dilakukan oleh orang-orang
> kampung tsb tanpa ada maksud yg lainnya. Walaupun demikian otomatis kita
> juga bersilaturahmi ke salah satu rumah penduduk & ikut menikmati
> hidangan yang mereka suguhkan. Bagaimanakah hukumnya kunjungan yg kita

Jika antum telah mengetahui perayaan tsb adalah bid'ah, lalu untuk apa antum
mendatanginya?
bukankah hal itu tidak ada manfaatnya ?

dari Shahabat Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, Rasulullah shalallahu`alayhi
wasallam bersabda.:
"Di antara kebaikan Islam seseorang ialah, ia meninggalkan hal-hal yang
tidak bermanfaat"
[HR. At-Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no. 3976. Dan dishahihkan oleh Syaikh
al-Albani di Shahiih Jami'ush Shaghiir no. 5911]

> 2.Bagaimanakah hukumnya orang yg mengadakan perayaan pada tanggal 12
> Rabiul Awal dengan cara menjamu orang-orang yg datang dengan makanan
> khas (misal. Ketupat atau lepet) serta cara makan yg khas pula (duduk di
> lantai). Tetapi mereka melakukannya cuma sebatas adat atau tradisi saja
> bukan ritual ibadah yg khusus, karena perayaan ini hanya dilakukan
> apabila mereka berada di kampung tsb. Tetapi apabila mereka berada di
> kampung lain mereka tdk merayakannya. Berbeda dengan puasa Ramadhan.
> Selain itu juga tanggal yg dimaksud belum tentu benar waktu kelahiran
> [...]

Ya akhiy, bid'ah tetaplah bid'ah. Walaupun alasannya cuma sebatas adat atau
tradisi, tapi tentu ada latar belakang sampai munculnya tradisi tsb, iya
kan?
apa latar belakangnya tradisi pengkhususan jamuan pada tanggal 12 Rabiul
Awal?
tentu latar belakang munculnya tradisi tsb adalah maulid nabi kan?
sdangkan maulid nabi itu sudah jelas bid'ah!
seandainya hal itu bukan ritual khusus, kenapa diadakan khusus pada tanggal
tsb?

> Maukah antum mengirimi rekaman kajian ttg Ushul Bida' oleh Ust.Abu Ihsan
> pada kajian Dauroh Tokyo 2 via japri saja kalau ada yg Mp3 nya

Maaf, rekaman tsb tidak dapat dikirimkan melalui email karena ukurannya
sangat besar (totalnya hampir 90 MB), saya mendownloadnya langsung dari
website assunnah.mine.nu

> Jazakallahu khairan
>
> Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Wa`alaykumussalam warahmatullahi wabarakatuh