1. Adapun puasa sunnah pada hari senin dan kamis, maka ada hadis dari Aisyah
:

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الأثنين والخميس

Bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم  senantiasa puasa hari senin dan kamis
(diriwayatkan Imam Ahmad, Tirmidzi, dan dishohihkan Nasa’I dan ibnu majah
dan juga ibnu hibban).

Dari Abu huroiroh :

أن النبي صلى الله عليه وسلم قال تعرض الأعمال كل أثنين وخميس فأحب أن يعرض
عملى وأنا صائم

Bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم  berkata : “Amalan-amalan dilaporkan
setiap hari senin dan kamis dan Saya menyukai amalanku dilaporkan ketika
saya dalam keadaan puasa. (diriwayatkan Imam Ahmad, Tirmidzi, dan
dishohihkan Ibnu khuzaimah).

Dan didalam shohih Muslim

أن النبي صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم يوم الإثنين فقال ذلك يوم ولدت فيه
وأنزل على فيه

Bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم  ditanya tentang puasa hari senin, maka
Beliau menjawab pada hari itu aku dilahirkan dan Al-Qur’an diturunkan.

  _____