>From: "Yurizal" <[EMAIL PROTECTED]>
>Date: Mon May 7, 2007 8:52 am
>Assalamu'alaikum
>Ana sedang menanti datangnya sibuah hati, insya allah dalam minggu
>ini.. Ana masih bingung mengenai perkara meng-adzankan dan meng-
>qomatkan kepada bayi yang baru lahir.. apakah ada hukumnya yang
>seperti itu dalam sunnah ? terus bagaimana cara melakukan aqiqah
>menurut ajaran rasulullah SAW ?, dan pelaksanaan aqiqah yang 7 hari
>setelah kelahiran perhitungan waktunya hari lahir termasuk dalam
>hitungan atau tidak ya ?
> [...]

Alhamdulillah
Permasalahan yang ditanyakan, saya ringkaskan dibawah ini dari situs
http://www.almanhaj.or.id

Kemudian dari itu untuk lebih memahami masalah-masalah ;  anak,
pendidikannya, pernikahan dan keluarga sakinah, silakan anda membeli dan
membaca buku : Menanti Buah Hati dan Hadiah untuk Yang Dinanti oleh
Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Bingkisan Istimewa Menuju Keluarga
Sakinah oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Apakah Disyariatkan Adzan Pada Telinga Bayi Yang Baru Lahir ?
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=1553&bagian=0

Hadits Ibnu Abbas dikeluarkan oleh Al-Baihaqi dalam Syu'abul Iman (6/8620)
dan Muhammad bin Yunus dari Al-Hasan bin Amr bin Saif As-Sadusi ia berkata :
Telah menceritakan pada kami Al-Qasim bin Muthib dari Manshur bin Shafih
dari Abu Ma'bad dari Ibnu Abbas.

"Artinya : Sesungguhnya Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adzan pada
telinga Al-Hasan bin Ali pada hari dilahirkannya. Beliau adzan pada telinga
kanannya dan iqamah pada telinga kiri".

Kemudian Al-Baihaqi mengatakan pada isnadnya ada kelemahan.

Kami katakan : Bahkan haditsnya maudhu' (palsu) dan cacat (ilat)nya adalah
Al-Hasan bin Amr ini. berkata tentangnya Al-Hafidh dalam At-Taqrib :
"Matruk".

kemudian untuk pertanyaan aqiqah, silakan baca dibawah ini:
Pengertian Aqiqah, Dalil Syari Tentang Aqiqah, Hukum Aqiqah
http://www.almanhaj.or.id/index.php?action=more&article_id=856&bagian=0