siti gusninik <[EMAIL PROTECTED]>
Fri May 11, 2007 11:50 am
Assalamu'alaikum Warohmatullah Wabarokatuh,
Saya diundang untuk menghadiri acara peringatan kehamilan tujuh bulan keponakan
saya yang mengikuti tradisi jawa. Selain itu suaminya seorang nonmuslim. Apakah
boleh menghadiri acara seperti itu? mengingat mereka merupakan keluarga dekat
yang hubungannya selama ini baik-baik saja.

cat: Saya dan keluarga tidak menyetujui dan tidak menghadiri acara pernikahan
dan resepsi keponakan tersebut.

Syukran atas jawabannya. Jazaakumullaahu khairan jazaa.

Assalaamu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh
===========
Wa'alaikumus salam, warahmatullah,

Menghadiri acara yang didalamnya ada kemungkaran hukumnya haram,
kecuali jika kedatangan kita itu untuk menjelaskan dan mencegah kemungkaran
yang sedang terjadi,

Pernikahan mereka termasuk batal dan anak yang dikandung mereka termasuk anak
zina, dan sebagai seorang bibi, atau saudara lainnya harus membawa perkara ini
ke KUA, agar dipisahkan atau "faskh", karena akad pernikahan ini tidak sah
secara syariat Islam.

Sikap yang Ibu ambil sudah benar dengan tidak datang pada pernikahan tersebut,
juga tidak datang pada acara-acara yang berkenaan dengannya sebagai inkarul
mungkar, atau mengingkari kemungkaran.

Wallahu a'lam
Aminuddin Imam Muhayi