>From: "Zaki Yamani" <[EMAIL PROTECTED]>
>Date: Wed May 9, 2007
>9:21 am
>Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokaatuh
>Afwan ada titipan pertanyaan, urgent...
>Apa yg harus dilakukan oleh sang istri ketika sudah jatuh talak
>pertama ?
>Apakah sang istri masih harus tetap melayani kebutuhan suami (selain
>dari kebutuhan biologis tentunya) ?
>Misalnya seperti : menyediakan makan, merapihkan pakaian, dll.
>Karena yg menjadi pertanyaan adalah jika talak jatuh dan pisah
> [...]

Alhamdulillah...,
Talak pertama (satu) adalah talak yang masih bisa dirujuk dan dalam masa
iddah seorang isteri diperbolehkan membantu suami, seperti yang dijelaskan
Syaikh Syaikh Abdul Rahman As-Sa’di yang saya copy dari almanhaj dibawah.

Massa iddah adalah suatu penungguan yang disertai perpisahan, dan sebagian
dari hikmahnya adalah  untuk memperpanjang masa rujuk bagi orang yang
mentalak, siapa tahu dia menyesalinya, sehingga ia memiliki rentang waktu
yang memungkinkannya untuk rujuk dengan isterinya.

Adapun alternatif pemecahan sebelum talak, supaya masing-masing bisa saling
introspeksi, dapat diabaca nasehat dibawah ini, walalhu a'lam

Alternatif Pemecahan Problematika Suami Istri Sebelum Talak
http://www.almanhaj.or.id/content/1775/slash/0

HUKUM TALAK YANG BISA DI RUJUK
http://www.almanhaj.or.id/content/628/slash/0

Pertanyaan.
Syaikh Abdul Rahman As-Sa’di ditanya : Apa hukum seorang wanita yang
tertalak dengan talak yang masih bisa di rujuk?

Jawaban
Hukumnya adalah sebagaimana hukum suami istri, sang suami diperbolehkan
memandangnya dan berduaan dengannya. Sang isteri diperbolehkan membantu
suami selama masih dalam masa iddah dan ia tidak boleh keluar dari rumahnya
sampai habis masa iddahnya.