assalamu 'alaikum

yang saya tahu pasti, mang elan di aachen, membawakan faham persatuan islam
alias PERSIS.
beliau pernah berkunjung  ke pesantren2 persis di bandung dan bangil.
bacaannya majalah2 risalah terbitan persis bandung dan almuslimun terbitan
persis bangil.

lalu pengajian dengan bahasa jerman di aachen, hanyalah di mesjid rahman
brabant strasse

--
Leo Imanov
Abdu-lKariem