From:"fuzzy_me2477" <[EMAIL PROTECTED]>
Dare:Wed Jul 11, 2007 12:49 pm
assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan mengenai penyakit kejiwaan yang rumit
penyembuhannya, seperti depresi.
1. apakah 'depresi' itu sebenarnya?
2. apa yang menyebabkannya? Karena terkadang orang yang terlihat baik ibadahnya
pun terkena penyakit ini juga.
3. adakah obat atau bagaimana rukyah yang shahih terhadap penyakit 'depresi'
itu?
4. bagaimana sebaiknya peran keluarga atau orang-orang terdekat dalam membantu
penderita agar segera sembuh dan kembali normal?

mohon bantuannya disertakan dalil yang shahih jika ada.
wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
===

Wa'alaikumus salam warahmatullah
Depresi adalah keadaan jiwa seseorang yang merasa tertekan oleh suatu sebab
tertentu, depresi dapat menghinggapi siapa saja, selama ia tidak membebaskan
jiwanya dari faktor penyebab gangguan itu terjadi. Bahkan seperti orang yang
secara lahir nampak sehat wal 'afiat, namun depresi dapat dilihat dari kondisi
lahiriah seseorang misalnya, suka murung, tidak mudah bergaul, merasa ada orang
yang akan menyakitinya dsb.
Kondisi hatilah yang membuat seseorang depresi, lalu bagaimana obatnya?, karena
depresi adalah penyakit kejiwaan maka mengobatinya harus dengan pendekatan
kejiwaan pula, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:
1. Mengobati dengan al-Qur'an, si sakit mengobati dirinya sendiri dengan bacaan
al-Qur'an dengan khusyu' dan penuh penghayatan, akan lebih baik jika melihat
maknanya (bacaan ayat mana saja sebisanya), atau di bacakan oleh orang lain
atau kita kenal dengan rukyah.
2. Pihak keluarga membantu memecahkan masalahnya dengan menanyakan penyebab ia
depresi, diajak komunikasi dari hati-ke hati hingga akhirnya ditemukan
penyebabnya.
3. Jika telah diketahui penyebabnya maka di cari solusinya, misalkan saya
pernah membantu seorang yang memiliki istri -maaf, dingin dengan suaminya-,
kemudian saya tanyakan dimana keluarganya, dimana ia tinggal, akhirnya saya
ketahui bahwa ia dan suaminya tinggal di rumah ibunya dan ia merasa tertekan,
maka saya sarankan ia untuk sebisa mungkin pindah dari rumah itu.
4. Penderita di ajak untuk selalu ikhlas kepada Allah subhanahu wata'ala, dan
bahwa tidak ada yang berhak untuk ditakuti secara hakiki selain Allah.
5. Doakan agar penderita sembuh dengan khusyu'
6. Insya Allah akan sembuh dengan seizin Allah subhanahu wata'ala

Aminuddin Imam Muhayi