ahmad fahrurrozi wrote:
> Assalamu'alaikum

Wa'alaykumussalam warahmatullah

> kalau kasusnya pinjaman tanpa bunga bagaimana? Perusahaan tempat saya bekerja
> menyediakan fasilitas Car loan, yaitu kita bisa memilih mobil yang kita mau
> lalu perusahaan akan membeli secara tunai. Dan kita bisa membayarnya dengan
> cara dipotong gaji tiap bulan dan tanpa bunga sama sekali. Hal ini diberikan
> soalnya perusahaan tidak menyediakan mobil dinas.

Kalau perusahaan membeli tunai, tanpa bunga
dan antum membayar kepada perusahaan nyicil harga tunai tersebut, tanpa bunga

Maka tidak ada unsur riba disini
Kalau tidak ada unsur riba,
dan terlepas dari unsur2 yang dilarang lainnya
maka kasus tersebut boleh

Wallahu 'alam bishawab

Wassalamu'alaykum warahmatullah