Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh,

Untuk menjawab pertanyaan Saudariku Ummu Qulsum, saya merujuk pada
kitab "Shifatu Shalati an-Nabi" (Sifat Shalat Nabi) karya Syaikh
Muhammad Nashiruddin al-Albani (Penerbit Akbar Media Eka Sarana,
Jakarta, Cet. 5, 2006).

(1) Bacaan dalam "sujud" sebenarnya berupa "do'a". Ada 12 macam yang
pernah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam baca. Kita tinggal
memilih salah satu. Boleh yang termudah, boleh berganti-ganti, dan
boleh sesuai dengan tujuan kita.
(2) Demikian pula, bacaan dalam "duduk di antara dua sujud" sebenarnya
juga berupa "do'a". Setidaknya ada 2 macam yang Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam pernah baca. Silakan dipilih.
(3) Ada 6 macam bacaan "tasyahhud" (setelah membaca "tahiyat")  yang
pernah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kepada
para shahabatnya. Lalu beliau membaca "shalawat" bagi dirinya pada
tasyahhud dan menganjurkan umatnya untuk melakukan hal tersebut.
Beliau mengajarkan 7 macam shalawat, yang kesemuanya merupakan
shalawat Ibrahimiyah. Lalu beliau "memohon perlindungan dari 4 hal".
Sebelum salam, kita dianjurkan "berdo'a", baik yang pernah dilakukan
oleh beliau ataupun yang dibaca oleh para shahabat dan dibenarkan oleh
beliau. Sedikitnya ada 10 macam do'a yang dapat dipilih. Hadits-hadits
shahih yang berkenaan dengan do'a tersebut ialah sebagai berikut.

"Bila seseorang selesai membaca tasyahhud (akhir), hendaklah dia
memohon perlindungan kepada Allah dari 4 perkara, yaitu `Ya Allah, aku
berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur,
dari fitnah hidup dan mati, dan dari fitnah Dajjal'. Selanjutnya,
hendaklah dia berdo'a memohon kebaikan untuk dirinya sesuai
kepentingannya". (HR Muslim, Abu Uwanah, dan Nasa'i)

"Bila kalian duduk pada setiap dua raka'at, ucapkanlah at-tahiyat.
Kemudian hendaklah seseorang memilih do'a yang disenanginya dan
memohon (apa yang diminta) kepada Allah Yang Maha Perkasa dan Maha
Mulia". (HR Nasa'i, Ahmad, dan Thabrani)

"Bila seseorang shalat, hendaklah dia memulainya dengan bacaan tahmid
dan pujian kepada Allah `azza wajalla. Kemudian mengucapkan shalawat
Nabi, lalu memanjatkan do'a yang diinginkannya". (HR Ahmad, Abu Daud,
dan Hakim)

(4) Do'a dalam "sujud" dan "duduk di antara dua sujud" mestinya tidak
termasuk apa yang ditanyakan karena hadits-hadits di atas bukan dalam
konteks tersebut.
(5) Seluruh do'a "sebelum salam" yang Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam contohkan memang berbahasa Arab. Tidak ditemukan sabda beliau
ataupun atsar shahabat yang menjelaskan boleh tidaknya do'a tersebut
dibaca dalam bahasa selain Arab. Dengan demikian, kita -mau tidak mau-
memasuki dunia ijtihad para ulama besar. Oleh karena itu, pendapat
ulama boleh jadi berbeda satu sama lainnya. Apabila dikhawatirkan
tergelincir dalam bid'ah (walaupun diperbolehkan berdo'a sesuai dengan
kepentingan masing-masing, kita sebaiknya memilih do'a (diantara do'a
yang berasal dari hadits-hadits shahih) yang paling mendekati
kepentingan kita. Adapun arti setiap do'a (dalam bahasa Indonesia)
sebaiknya dipahami dan diresapi ketika membaca do'a dalam bahasa Arab.
Sebaik-baik contoh dalam urusan agama ialah yang berasal dari
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Abu Farhan

--- In assunnah@yahoogroups.com, ummu kulsum <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaykum..
>
> Afwan bila hal ini pernah dibahas sebelumnya. Namun ana masih
bingung mengenai berdo'a saat sholat (saat sujud, duduk diantara dua
sujud, maupun setelah tasyahud). Yang masih menjadi pertanyaan anna
adalah, apakah diperbolehkan membaca do'a dalam bahasa selain bahasa
arab (atau diluar doa yang dicontohkan oleh rasululloh)? Yang ana
sudah paham adalah diperbolehkan berdo'a sesuai dengan kepentingan
baik untuk kepentingan akhirat maupun duniawinya, namun bolehkah
dibaca dalam bahasa selain arab??

> Dalam milis ini sudah pernah dibahas, namun pertanyaan ini belum ada
yang menjawabnya. Mohon bantuan dari ikhwah sekalian.

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/