Wa'alaykum salaam

Saya ingin menjawab dari apa yang saya tahu dan saya kerjakan. Mohon maaf,
tidak bisa menyertakan dalilnya (nggak hafal), tapi saya selalu berusaha
ittiba'. Jadi kalau ada teman yang tahu bahwa yang saya lakukan ini kurang
tepat, mohon koreksinya juga.

1. Shalat di perjalanan

- Tayamum dengan debu yang nempel di kursi
- Sambil tetap duduk di atas kendaraan dengan menghadap kemana kendaraan
berjalan
- Bertakbir dan sedekap seperti biasa.
- Ketika ruku' badan agak dicondongkan ke depan
- Ketika sujud badan lebih condong lagi ke depan, dibedakan dengan ruku'
- Sisanya sama

2. Yang lebih kuat?

Menurut saya, kalau waktu shalat yang bisa dijama' itu masih bisa dicapai
apakah itu taqdim atau takhir, maka saya memilih jama. Sebagaimana yang
dilakukan Rasulullah saw, terutama pada waktu haji dimana contohnya cukup jelas.

Kalau waktu shalat itu nggak bisa digabung dengan yang lain, yaitu shalat
subuh, maka melaksanakan pada waktunya di atas kendaraan yang akan saya pilih.

Walaupun jaman sekarang kita bisa saja singgah ketika waktu shalat (misalnya
kita pergi dengan kendaraan pribadi), saya akan memilih jama' karena itu adalah
keringanan yang diberikan Allah pada kita, disamping itu karena Rasulullah saw
juga melakukan jama'.

Wallahu a'lam

Abu Zaid.