Wa'alaikum salam wa rahmatullah wa barakatuh ...

Beberapa saran dari saya:
- Membeli buku kalau menurut saya itu tidak berarti harus dibaca saat itu juga.
Karena (kalau saya pribadi) membeli buku itu kadang buat referensi. Karena ada
hal hal menarik yang perlu dijadikan referensi. Misalnya ada informasi lain
yang tidak ada di buku yang lain. Jadi begitu dibeli ya langsung masuk
perpustakaan saya.

- Ada kalanya suatu buku itu harus cepat dibeli. Karena khawatirnya buku
tersebut habis di pasaran. Perlu diingat, bahwa penerbit itu mencetak suatu
buku dalam jumlah terbatas. Dan tidak ada kepastian suatu buku itu akan dicetak
ulang nantinya. Jadi harus cepet cepet dimiliki. Daripada kehabisan atau
nantinya kesulitan mencari buku tersebut.

- Buku yang akan dibaca bisa dibaca dengan beberapa teknik:
1. Membaca dulu overview nya. Misalnya baca sinopsis nya di bagian belakang,
kemudian kata pengantar, daftar isi. Kemudian beberapa paragraf dari tiap tiap
bab. Dari sini kita bisa dapat gambaran sekilas tentang buku tersebut.
2. Kemudian dibaca secara serius. Maksudnya dibaca halaman demi halaman.
Siapkan juga stabillo untuk memberi tanda pada bagian kalimat yang perlu
diperhatikan. Saya pribadi, bila ada halaman yang berstabillo, maka bagian atas
halaman tersebut saya tekuk. Jadi saya bisa mencari dengan lebih cepat pada
bagian bagian buku yang telah saya tandai. Nantinya perlu untuk review.
3. Setelah membaca seriusnya selesai, bisa dibaca ulang dengan cara me-review
nya. Perhatikan pada bagian bagian yang telah distabillo.

- Setelah dibaca, kalau bisa buat ringkasannya. Ini insya Allah manfaatnya
banyak. Bisa dianggap sebagai review ulang, bisa juga melatih kita menulis, dan
lain lain. Tetapi tidak perlu dipaksakan untuk membuat ringkasannya.
- Siapkan waktu khusus untuk membaca. Mungkin pagi hari, atau di hari Ahad atau
setelah shalat Isya.
- Insya Allah kalau sudah asyik membaca tidak akan ngantuk. Kecuali kalau
layout bukunya tidak enak dilihat, ukuran fontnya kurang nyaman, atau susunan
kata-katanya atau kalimatnya membingungkan. Secara khusus, buku Syaikh Albani
(yang diterjemahkan secara plek apa adanya) itu sangat menarik untuk dibaca.
Contohnya pengantar Syaikh pada buku Shifat Shalat Nabi. Kita bisa tahu cara
berargumentasi secara ilmiyah....

Wassalamu'alaikum

Abu Isa Hasan Cilandak
al Faqir ila Allah