--- Raras S <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum Warohmatulloh,
> 1. Apakah ada yang mengetahui dalil puasa arofah ?
> 2. Bolehkah kita berpuasa dari 1 djulhijah sampai
> dengan tanggal 9
> Djulhijah..? (apakah ini termasuk Bid'ah...?)
> Jazakallohu Khoir
> Ummu Abdillah

Wa'alaykumussalam warohmatulloh wabarokatuh

1. Dalil puasa 'Arofah:

"Dari Abu Qotadah radhiyallohu 'anhu, dia berkata,
"Rasululloh shallallahu 'alaihi wa sallam pernah
ditanya tentang puasa hari 'Arofah. Maka beliau
shallallahu 'alaihi wa sallam menjawab, 'Menghapuskan
dosa-dosa tahun yang lalu dan tahun yang akan
datang.'" (Hadits shahih diriwayatkan oleh Muslim no. 1162)

2. Saya tidak tahu, tapi dalam suatu kajian, ustadz
Yazid ketika menjelaskan hadits tentang 'Keutamaan
melakukan amal shalih di sepuluh hari pertama bulan
Dzulhijjah', menyatakan amal-amal tersebut adalah:
- haji ke baitulloh
- umroh
- taubat kepada Alloh
- memperbanyak dzikrulloh
- puasa tanggal 9 Dzulhijjah
- infaq dan shodaqoh
Dan beliau menjelaskan bahwasanya puasa tanggal 1-9
Dzulhijjah maka Nabi tidak melakukannya, sebagaimana
dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh 'Aisyah
radhiyallohu 'anha.
Wallohu a'lam
Mungkin ada yang mau menambahkan atau mengoreksi

Wassalamu'alaykum warohmatulloh

abu aban

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/