Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Benar jika dikatakan bahwa zulhijjah di Saudi Arabia kemarin tidak sampai
tanggal 31 (hanya sampai tanggal 30), tapi benar juga jika dikatakan bahwa
zulhijjah 1428 di Saudi Arabia sampai 31 hari.

Saya cek di Saudi Press Agency (SPA) lewat situsnya (maaf hanya lewat situsnya)
www.spa.gov.sa karena saya memang tidak tinggal di Saudi.
Tanggal 1 zulhijjah 1428 berdasarkan rukyat Saudi memang jatuh pada tanggal 10
desember 2007. Pada tanggal 10 desember tsb SPA kelihatannya masih
mengakomodasi adanya dua tanggal yaitu tanggal 1 zulhijjah sesuai rukyat dan 30
zulqo'dah sesuai kalender hisab metode ummul qura'.
pada tanggal-tanggal selanjutnya SPA memakai penanggalan sesuai rukyat.

Kemudian saya cek ke tanggal 10 Januari 2008, ternyata SPA (sesuai penetapan
Saudi) menjadikan tgl tsb sbg 1 Muharram. Dengan kenyataan ini dapat
disimpulkan bahwa zulhijjah di Saudi ada 31 hari.
Namun ketika saya mengecek ke tanggal 9 Januari 2008, ternyata menurut SPA
tanggal tersebut adalah 30 zulhijjah.

Karena itu saya mengecek lagi per tanggal, ternyata menurut SPA (dan
kemungkinan di Saudi secara umum - mohon konfirmasi dari yang tinggal di Saudi)
tanggal 19 zulhijjah itu ada dua. Tanggal 28 dan 29 Desember 2007 kedua-duanya
adalah 19 zulhijjah. Tanggal 28 masih mengikuti tanggal 1 zulhijjah hasil
rukyat (maaf - kontroversial) Saudi, dan tanggal 29 Desember sudah ruju'
mengikuti pendapat yang lebih kuat mengenai rukyat ini.

Karena 19 zulhijjah-nya ada 2, maka penanggalan Saudi tidak harus mencantumkan
tanggal 31 zulhijjah, walaupun kenyataannya hari-hari zulhijjah di Saudi sampai
31 hari.

Kalau Saudara Anton Wibowo yang tinggal di Riyadh mengatakan berdasarkan
kalender 1426 H sampai 1429 H tidak ada tanggal 31, hal itu juga betul, karena
penanggalan yang tercantum di kalender itu dilakukan berdasarkan hisab (untuk
Arab Saudi dengan metode ummul quro').

Terakhir, saya ingin memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya untuk
pemerintah Saudi Arabia yang telah mempertimbangkan dan akhirnya berani
mengkoreksi pendapatnya mengenai penanggalan ini setelah mendapatkan
nasihat-nasihat dari pihak-pihak yang memang ahli di bidangnya.

Semoga kita semua (terutama saya pribadi) bisa mengambil ibrah-nya.

Wallahu a'lam
Faidzin ibn Sumedi ibn Yasmudi ibn Naya (l.1979 M/1400 H)