Assalamu'alaykum.

Bapak-Ibu yang semoga dirahmati oleh Allah Ta'ala, banyak tanggapan via japri
berkaitan tulisan saya yang saya posting di milist as Sunnah dengan judul
"Sikap Sayyid Quthb terhadap Sahabat Utsman dan Muawiyah".

Ada yang menuduh saya melakukan fitnah, ada pula yang 'mengakui' bahwa hal
tersebut merupakan pemikiran Sayyid Quthb yang lama ketika ia masih dalam
kondisi sekuler dan pemikirannya kemudian telah berubah dan lainnya.

Untuk yang pertama (yang menuduh saya melakukan fitnah) saya akan segera scan
cover depan buku tersebut dan halaman yang terkait (sebagaimana usulan al Akh
Ahmad Ridha) dan mudah2an bisa diposting di milist.

Sedangkan untuk yang mengatakan bahwa buku tersebut merupakan kondisi Sayyid
Quthb yang lama (yaitu pada fase sekuler), maka saya mengutip tulisan Lili Nur
Aulia (kontributor eramuslim.com) dengan judul "101 Tahun Kelahiran Sayyid
Qutb" sebagai berikut,

"Fase terakhir perjalanan Sayyid Qutb berawal pada tahun 1951, saat ia mulai
bergabung dengan Jama’ah Al-Ikhwan Al-Muslimun, sampai tahun wafatnya di tiang
gantungan tahun 1966. Baginya, rentang masa itu sangat penting dan karenanya ia
pernah mengatakan bahw tahun 1951 adalah tahun kelahirannya. Sayyid Qutb
bergabung bersama Al-Ikhwan Al-Muslmun, dua tahun selah wafatnya Imam Hassan
al-Banna yang merupakan pendiri Al-Ikhwan, pada tahun 1949. Mereka tidak pernah
bertemu muka, meski dilahirkan di tahun yang sama 1906, dan dididik di tempat
yang sama, di Darul Ulum.

Namun di antara mereka mempunyai kesatuan jiwa dan kesamaan orientasi berpikir.
Sebelumnya, ketika Hasan Al-Banna membaca buku “Al-’Adalah Al-Ijtima’iyyah Fil
Islam”, karangan Sayyid Qutb, ia menganggap pengarangnya adalah bagian dari
Al-Ikhwan. Lalu, al-Banna telah mengatakan bahwa “orang ini” (Sayyid Qutb)
tidak lama lagi akan bergabung bersama Al-Ikhwan" (sumber : fui.or.id, dan
banyak sumber lainnya dengan judul tulisan yang sama, silahkan search di
www.google.com dengan kata kunci judul di atas)

Dalam kesempatan ini pula saya lampirkan fatwa-fatwa ulama berkaitan dengan
Sayyid Quthb dengan alamat sebagai berikut :

http://www.almanhaj.or.id/content/1099/slash/0

Namun demikian, jika memang pemahaman Sayyid Quthb terhadap sahabat Utsman dan
Muawiyah telah berubah sesuai pemahaman yang haq, berdasarkan bukti-bukti yang
haq pula, maka saya katakan bahwa saya menyesal telah menulis tulisan tersebut
dan menarik tulisan tersebut serta saya bertobat kepada Allah Ta'ala terhadap
apa yang saya lakukan.

WallaHu a'lam
Budi Aribowo

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/