Wa'alaykum salam warahmatullahi wa barakatuhu,

Kalau boleh diibaratkan, mailing list adalah mirip seperti ajang berkumpul atau
bermajelis, meskipun tidak sama persis. Wallahu'alam.

--------------------------
Sumber : http://www.almanhaj.or.id/content/1295/slash/0

TANYA JAWAB : ANJURAN UNTUK BERKASIH SAYANG DAN BERSATU SERTA PERINGATAN DARI
PERPECAHAN DAN PERSELISIHAN

Oleh
Fadhilah Asy-Syaikh Rabi bin Hadi Umair Al-Madkholiy
Bagian Terkahir dari Tiga Tulisan 3/3

Pertanyaan 7 :
Apakah boleh kita menghajr (mengisolasi/memboikot) orang-orang yang
menyalami Ahlul Bid'ah dari kalangan Ikhwanul Muslimin, harokiyin dan
takfiriyin, mereka bermajlis dengan mereka dengan tetap mengakui bahwa
mereka adalah mubtadi, namun mereka menjauhkan manusia dari ilmu Jarh wa
Ta'dil?

Jawaban :
Bagaimana mereka bermajlis dengannya?? Apakah Salafiyun bermajlis dengan
Ahlul Bid'ah?? Jika ditemukan ada seorang salafi yang kuat, dan ia mampu
untuk menyampaikan dakwah kepada Ahlul Bid'ah dan kelompok-kelompok
(lainnya) dengan hujjah dan burhan, mampu mempengaruhi mereka dan bukan
mereka yang mempengaruhinya, maka ini merupakan kewajibannya supaya dia
bercampur dengan mereka dalam rangka mendakwahi mereka, bukan dalam rangka
makan dan minum bersama mereka, bukan pula untuk bermudahanah
(menjilat/berpura-pura), bukan pula untuk sesuatu dari urusan agama, bukan
pula untuk menyetujui kebatilan mereka. Sesungguhnya dia berkumpul dengan
mereka di masjid untuk mendakwahinya, berkumpul dengan mereka di pasar untuk
mendakwahinya, dan pergi naik mobil, pesawat atau kereta api besertanya
untuk mendakwahinya.

Dia berdakwah dan mau tidak mau dia harus bercampur dengan mereka, yang dia
tak dapat terbebas dari mereka, karena Ahlul Bid'ah dan Ahlul Ahwa'
adalah jauh lebih banyak, sedangkan salafiyun bagaikan rambut putih pada
kerbau hitam, semoga Allah memberkahi kalian, maka mau tidak mau salafiyun
berbaur dengan mereka, namun apakah kewajibannya?

Kewajibannya adalah, menyampaikan dakwah kepada Allah dengan cara yang
hikmah dan nasehat yang baik. Jika orang ini berdiam diri di rumahnya dengan
dalih menghajr Ahlul Bid'ah! Maka hal ini dapat mematikan dakwah!!

Contohnya, ada seorang manusia yang jahil dan pribadinya lemah, jika dia
mendengar syubhat yang kecil saja dengan serta merta dia mengambilnya, maka
sepatutnya orang ini menyelamatkan diri dari Ahlu Syubhat dan Ahlu Bid'ah,
menjauhi mereka dan tidak bermajlis dengan mereka. Namun jika ada seseorang
yang mengujimu dengan mengucapkan salam kepadamu, maka jawablah salamnya :
wa alayka as-Salam. Tapi, jika anda bermajlis dengan mereka, makan-makan
dengan mereka, bercanda dengan mereka dan bercengkerama dengan mereka, maka
anda dalam hal ini telah melakukan kesalahan! Karena apa yang anda kerjakan
menyelisihi manhaj salafi dan sunnah.

Sekarang "saya -Rabi' misalnya-, tidaklah diriku melihat seorang
mubtadi kecuali aku akan lari darinya! Dan aku tidak tau kenapa!! Fulan,
fulan atau fulan dari para penuntut ilmu -misalnya-, tidaklah dia melihat
seorang mubtadi' melainkan ia lari darinya! Dia tidak mau melihatnya atau
memandang wajahnya dari depan rumahnya melainkan ia menyembunyikan dirinya,
jika ia melihatnya di suatu jalan, maka ia akan menghindar ke jalan yang
lain. Yang demikian ini bukanlah jalannya salafi. Para sahabat dulu mereka
menyebar diantara kaum kuffar di seluruh penjuru bumi, dan mereka
menyebarkan agama Allah kepada mereka, semoga Allah memberkah kalian.

Salafiyun sebelum kita, mereka juga menyebar -seperti para sahabat- di
tengah-tengah Ahlul Bid'ah, mereka mempengaruhi Ahlul Bid'ah, dan
masuklah beibu-ribu manusia ke dalam haribaan manhaj salafi. Maka
barangsiapa yang memiliki pemahaman dan kepribadian yang kuat serta ilmu
yang mantap, hendaknya dia menegakkan hujjah dan mendakwahi mereka dengan
cara yang hikmah dan pelajaran yang baik. Maka anda akan lihat pengaruh hal
ini.

Adapun orang yang lemah, Demi Allah! janganlah dia bercampur sedikitpun
dengan mereka, namun jika ia diuji dengan salam maka wajib atasnya menjawab
salam, tidaklah mengapa ia melakukannya, jika tidak apa yang ia lakukan?
Namun, janganlah ia becampur dan jangan pula bermajlis dengan mereka.

Ketentuan posting : http://milis.assunnah.or.id/mlbios.php/aturanmilis/