wa'alaikumussalaam warahmatullah

1. Kalau ditanya "Mengapa?", maka tidak ada yang tahu kecuali Allah. Allah
memerintahkan demikian kepada kita, dan kita tidak boleh bertanya mengenai
alasan Allah berbuat begini dan begitu. Allah sendiri yang menyatakan demikian
dalam surat Al-Anbiya ayat 23, Laa yus-alu 'amma yaf'alu wahum yus-alun.
Artinya, Allah tidak ditanya tentang apa yang yang diperbuat-Nya, melainkan
mereka yang ditanya. Yakni Allah tidak boleh ditanya dan juga tidak akan
ditanya tentang perbuatan-Nya, melainkan kita yang akan ditanya oleh Allah di
hari kiamat kelak.

2. Sama dengan di atas. dan begitulah cara Nabi melakukan shalatnya dan beliau
memerintahkan kita untuk mengikuti tata cara beliau shalat. Nabi bersabda,
"Shalat lah kalian sebagaimana kalian melihatku shalat." (HR Muslim & Ahmad)
Maka kewajiban kita mengikuti beliau, sebagaimana firman Allah, "Apa pun yang
diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah!" (Al Hasyr:7)

3. Yang jelas bukan nur Muhammad. Khilaf Ulama, sebagian ulama bilang Qalam
atau pena, dalilnya hadits Nabi "Sesungguhnya pertama kali yang diciptakan
Allah adalah pena, kemudian Allah berfirman kepadanya, 'tulislah!', maka
ditulislah segala sesuatu yang terjadi sampai hari kiamat" (HR Ahmad). sebagian
lain bilang 'Arsy, berdasarkan hadits Nabi, "Allah telah ada sebelum ada apapun
yang selain diri-Nya. Dan (setelah itu) terjadilah Arsy-Nya yang diletakkan di
atas air. Dan (setelah itu) Allah menuliskan (melalui Al-Qalam) dalam kitab
taqdir-Nya segala sesuatu yang akan terjadi, dan (setelah itu) Allah
menciptakan segenap langit dan bumi." (HR Bukhari)*)

wallahu a'lam.

Adapun hadits:
1. Awwalu maa khalaqallahu nuuru nabiyyika, ya Jabir (Makhluk yang pertama kali
diciptakan adalah cahaya Nabi, wahai Jabir!) Hadits ini Palsu
2. Lau laka lamaa khalaqtul aflaak (Jikalau bukan karenamu ya Muhammad, Aku
tidak akan menciptakan makhluk). Hadits ini tidak ada asalnya, hanya ucapan
batil yang beredar dari mulut ke mulut.

Keterangannya bisa antum lihat di buku "Koreksi Hadits-hadits Dha'if Populer"
oleh Yusuf Mukhtar As-Sidawi.

http://mediatarbiyah.com/index.php/Buku-Rujukan/Koreksi-Hadits-Hadits-Dha-if-Populer.html

Alfi.

*) Kedua hadits tersebut Shahih. Syaikhul Islam Ibn Taimiyah menjelaskan: "Para
Ulama' Muslimin dari kalangan Shahabat Nabi, Tabi'in dan Ulama' sesudah
generasi mereka, telah memperbincangkan tentang apakah makhluk Allah yang
pertama itu Arsy ataukah Al-Qalam. Al-Hafidh Abul Ala' Al-Hamdani telah
menerangkan bahwa para Ulama' berselisih pendapat dalam dua pendapat. Yaitu,
pendapat yang mengatakan bahwa makhluk pertama itu adalah Arsy. Pendapat kedua
menyatakan bahwa makhluk pertama itu adalah Al-Qalam. Mereka menguatkan
pendapat pertama (yaitu pendapat yang mengatakan bahwa Arsy adalah makhluk
pertama), karena Al-Qur'an (Hud:7) dan As-Sunnah menerangkan bahwasanya Arsy
telah ada di atas air ketika Allah Ta`ala menentukan taqdir-Nya atas segenap
makhluk-Nya dengan Al-Qalam yang Ia perintah untuk menuliskannya di lembaran
penulisan taqdir-Nya. Maka dengan demikian, Arsy-Nya telah diciptakan lebih
dulu sebelum Al-Qalam. Para Ulama' itu menerangkan tentang hadits yang
mengatakan bahwa makhluk yang pertama kali diciptakan adalah Al-Qalam, maknanya
ialah bahwa Al-Qalam itu adalah makhluk yang diciptakan terlebih dahulu sebelum
penciptaan langit dan bumi dari alam raya ini. (Daqa'iqut Tafsir Juz 3/4, hal.
228)