assalaamu'alaikum

Sepertinya sayalah yang pertama kali membuka tentang dialog placenta ini, saat
saya menanyakan apakah placenta dihukumi seperti bangkai. Dan Alhamdulillah
pertanyaan tersebut sudah terjawab dari fatwa syaikh al-utsaimin bahwa mayat
manusia itu suci dan placenta dihukumi seperti kuku dan rambut, dengan demikian
penelitian dr.Salamun tentang placenta untuk obat kulit adalah halal.

Namun saat saya mengenalkan tentang pengobatan nabi, madu, air zamzam, habbatus
sauda adalah obat dari semua penyakit, dr.Salamun menjawab bahwa yang dimaksud
hadist nabi itu tidak 100 % mengobati, akan tetapi seperti madu itu untuk
menguatkan sistem imun sehingga tubuh akan lebih kuat menghadapi penyakit. Saya
amat tidak setuju dengan pendapat ini karena dr.salamun sedang menerangkan
makna hadist berdasarkan ilmu kedokteran bukan berdasarkan ilmu hadist. Lain
halnya jika dia berkata seperti itu hanya sekedar menerangkan menurut ilmu
kedokteran saja tanpa bermaksud menerangkan hadist tersebut.

Tapi saya maklum beliau lebih mengenal kedokteran dari pada islam, seperti
halnya saya lebih mengenal bidang saya daripada ilmu hadist. Sekali lagi saya
ingin mengingatkan kepada dr.Salamun, di jakarta telah ada perkumpulan
dokter-dokter yang meneliti tentang pengobatan nabi, banyak diantara mereka
yang telah menggunakannya dalam mengobati pasiennya. InsyaAllah kalau saya
dapat informasi lagi tentang seminarnya akan saya sampaikan ke dr.Salamun.