Assalamu'alaikum wa rahmatullah,
Alhamdulillah,

Benar fungsi BI adalah regulator keuangan negara, dengan instrumen2
keuangannya. Sewaktu di jepang dulu, mengundang salah satu ustadz dengan latar
belakang pendidikan ekonomi syariah dan bekerja di BI sebagai anggota dewan
pakar hukum perbankan syariah (afwan, namanya lupa). Di BI ada bagian regulator
untuk bank syariah dan produk2 syariah seperti sukuk yang beberapa waktu lalu
diluncurkan oleh MenKeu. Menurut beliau, semua transaksi dan produk/instrumen
keuangan berbasis syariah Islam ini diawasi ketat oleh dewan pakar syariah.
Sistem pembukuan dan aliran dana, benar2 terpisah dengan konvensional. Diakhir
presentasi beliau, masih banyak "pekerjaan rumah", agar sistem perbankan
syariah ini khususnya di BI bisa semakin baik.

Mungkin akh Firman (penanya) bisa transfer ke bagian syariah ?
Wallahu a'alam,
Dhany Arifianto

--- In assunnah@yahoogroups.com, agung riksana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Bismillah,
>
> BI bukan hanya berfungsi sebagai bank regulator saja, tapi terdapat
fungsi lembaga investasi,...dalam arti Pihak tertentu dengan modal
Milyaran sampai Trilyunan dapat berinvestasi dan mendapat bunga. jadi
hukum bekerja di BI kurang lebih sama dengan hukum bekerja di Bank
Konvensional lain. berdasarkan kesamaan prinsip di atas.

sebagai Bank Regulator? Atas bantuannya Saya ucapkan terima kasih