Berikut ana nukilkan penjelasan dari Syaikh Salim bin 'Ied Al-Hilaaly dan
Syaikh Ali Hasan Ali Abdul Hamid tentang masalah ini:
*
[2]. Fajar Ada Dua

Diantara hukum yang dijelaskan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
dengan penjelasan yang rinci, bahwasanya fajar itu ada dua.

[a]. Fajar Kadzib : Tidak dibolehkan ketika itu shalat shubuh dan belum
diharamkan bagi yang berpuasa untuk makan dan minum.

[b]. Fajar Shadiq : Yang mengharamkan makan bagi yang puasa, dan sudah boleh
melaksanakan shalat shubuh.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu 'anhuma, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa
sallam bersabda.

"Artinya : Fajar itu ada dua : Yang pertama tidak mengharamkan makan (bagi
yang puasa), tidak halal shalat ketika itu, yang kedua mengharamkan makan
dan telah dibolehkan shalat ketika terbit fajar tersebut" [5]

Dan ketahuilah -wahai saudara muslim- bahwa :

[a]. Fajar Kadzib adalah warna putih yang memancar panjang yang menjulang
seperti ekor binatang gembalaan.

[b]. Fajar Shadiq adalah warna yang memerah yang bersinar dan tampak di atas
puncak bukit dan gunung-gunung, dan tersebar di jalanan dan di jalan raya
serta di atap-atap rumah. Fajar inilah yang berkaitan dengan hukum-hukum
puasa dan shalat.

Dari Samurah Radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam
bersabda.

"Artinya : Janganlah kalian tertipu oleh adzannya Bilal dan jangan pula
tertipu oleh warna putih yang memancar ke atas sampai melintang" [Hadits
Riwayat Muslim 1094]
Dari Thalq bin Ali, (bahwasanya) Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam
bersabda.

"Artinya : Makan dan minumlah, jangan kalian tertipu oleh fajar yang
memancar ke atas. Makan dan minumlah sampai warna merah membentang" [6]

Ketahuilah -mudah-mudahan engkau diberi taufiq untuk mentaati Rabbmu-
bahwasanya sifat-sifat fajar shadiq adalah yang bercocokan dengan ayat yang
mulia.

"Artinya : Hingga jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam yaitu
fajar"

Karena cahaya fajar jika membentang di ufuk atas lembah dan gunung-ghunung
akan tampak seperti benang putih, dan akan tampak di atasnya benang hitam
yakni sisa-sisa kegelapan malam yang pergi menghilang.

Jika telah jelas hal tersebut padamu berhentilah dari makan, minum dan
berjima'. Kalau di tanganmu ada gelas berisi air atau minuman, minumlah
dengan tenang, karena itu merupakan rukhshah (keringanan) yang besar dari
Dzat Yang Paling Pengasih kepada hamba-hamba-Nya yang puasa. Minumlah
walaupun engkau telah mendengar adzan.

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Jika salah seorang dari kalian mendengar adzan padahal gelas ada
di tangannya, janganlah ia letakkan hingga memenuhi hajatnya" [7]

Yang dimaksud adzan dalam hadits di atas adalah adzan subuh yang kedua
karena telah terbitnya Fajar Shadiq dengan dalil tambahan riwayat, yang
diriwayatkan oleh Ahmad 2/510, Ibnu Jarir At-Thabari 2/102 dan selain
keduanya setelah hadits di atas.

"Artinya : Dahulu seorang muadzin melakukan adzan ketika terbit fajar" [8]

Yang mendukung makna seperti ini adalah riwayat Abu Umamah Radhiyallahu
'anhu.

"Artinya : Telah dikumandangkan iqamah shalat, ketika itu di tangan Umar
masih ada gelas, dia berkata : 'Boleh aku meminumnya ya Rasulullah ?'
Rasulullah bersabda : "Ya' minumlah" [Hadits Riwayat Ibnu Jarir 2/102 dari
dua jalan dari Abu Umamah]

Jelaslah bahwa menghentikan makan sebelum terbit Fajar Shadiq dengan dalih
hati-hati adalah perbuatan bid'ah yang diada-adakan.*

Sumber: http://www.almanhaj.or.id/content/1097/slash/0

Kirim email ke