Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh ...

Alhamdulillah saya juga sudah baca artikel di Perpustakaan Islam tersebut
yang judulnya Hukum Nikah dalam Keadaan Hamil.
Dari yang saya baca sebetulnya masalah hukum menikah dalam keadaan hamil ini
perlu diperjelas beberapa hal, kondisi, atau kasus:
1. Hukum menikah dalam keadaan hamil (karena zina) dengan orang yang
menzinainya dan menghamilinya.
2. Hukum menikah dalam keadaan hamil (karena zina) dengan orang yang bukan
menghamilinya.
3. Hukum menikah dalam keadaan hamil (dari sebab pernikahan yang sah)
kemudian dicerai suaminya.

Yang saya baca pada artikel di Perpustakaan Islam tersebut, tidak dijelaskan
pernikahannya untuk kondisi pertama dan kedua. Wallahu'alam, mungkin saya
yang kurang memahaminya. Atau mungkin memang dibahas secara umum pada
artikel tersebut. Saya dapati keterangan ini pada artikel tersebut.
"Nampak dari dalil-dalil yang disebutkan di atas bahwa perempuan hamil
karena zina tidak boleh dinikahi sampai melahirkan, maka ini 'iddah bagi
perempuan yang hamil karena zina dan ini juga ditunjukkan oleh keumuman
firman Allah 'Azza Wa Jalla :

Dan perempuan-perempuan yang hamil waktu 'iddah mereka sampai mereka
melahirkan kandungannya. (QS. Ath-Tholaq : 4). " (Hukum Nikah Dalam Keadaan
Hamil dari Perpustakaan Islam).

Saya setuju dengan pendapat Ustadz Abdul Hakim bahwa dalam pernikahan ada
thalaq, nafkah, tempat tinggal, 'iddah, nasab, dan waris. (Menanti Buah
Hati, hal. 119). Sedangkan dalam perzinaan tidak ada semua itu termasuk
'iddah.

Dengan demikian ayat di atas adalah untuk wanita hamil karena pernikahan.

Ini sekedar sharing dan tukar pendapat saja.
Barakallah fiikum.

Wallahu'alam

Abu Isa Hasan Cilandak
al Faqir ila Allah