Wa'alaikumussalam warohmatullahi wabarokatuh

Sholat tarawih bersama imam lebih utama daripada sholat sendiri yaitu
berdasar hadits:
Berkata Abu Dzar Al-Ghifari Radhiallahu 'anhu:"Kami shaum Ramadhan bersama
Rasulullah, dan beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak melakukan
qiyamullail berjama'ah bersama kami, hingga hitungan puasa tinggal tujuh
hari (malam keduapuluh tiga), maka Rasulullah mengajak kami untuk
qiyamullail berjama'ah hingga berlalu sepertiga malam, lalu beliau tidak
menegakkannya lagi ketika Ramadhan sisa enam hari (malam keduapuluh empat)
dan berjama'ah kembali ketika sisa lima hari (malam keduapuluh lima) sampai
berlalu pertengahan malam, kamipun lantas bertanya : "Wahai Rasulullah,
apakah tak sebaiknya engkau sisakan sebagian malam ini agar kami shalat
sendiri ?" Beliaupun menjawab : "Sesunguhnya, barangsiapa yang shalat
bersama imam hingga selesai shalat, ia akan mendapatkan ganjaran shalat
semalam suntuk " Demikian juga yang disebutkan oleh Ibhu Nashr (hal 90) dari
Imam Ahmad. Kemudian Abu Dawud melanjutkan kisahnya : "Imam Ahmad juga
pernah ditanya dan saya mendengarnya sendiri : "Bagaimana kalau seorang itu
mengakhirkan waktu shalatnya (pada waktu yang paling utama) ? Dia menjawab :
"Tidak baik, termasuk sunnah kaum muslimin adalah shalat berjama'ah, hal itu
lebih aku sukai"(Riwayat Ashhabus Sunan

abu zalfa

Kirim email ke