assalamualikum..

langsung aja yah,, disurat as sajadah ayat 5 ketika saya membaca
terjemahannya disitu tertulis "Dia mengatur urusan dari langit ke
bumi,, kemudian (urusan) itu naik kepadaNya dalam waktu satu hari yang
kadarnya (lamanya) adalah seribu tahun menurut perhitunganmu.. lalu di
situ terdapat fotenote yang menjelaskan tentang "urusan itu naik
kepadaNya" ialah: beritanya yang dibawa oleh malaikat.. Ayat ini suatu
tamsil bagi kebesaran Allah dan keagunganNya..

pada surat al maarij ayat 4 terjemahannya tertulis Malaikat-malaikat
dan jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya
limapuluh ribu tahun.. pada ayat ini juga terdapat fotenote yang
menjelaskan Maksudnya: Malaikat-malaikt dan Jibril jika menghadap
Tuhan memakan waktu satu hari.. Apabila dilakukan oleh manusia,,
memakan waktu lima puluh ribu tahun..

pada kedua ayat ini secara sekilas terlihat adanya kontradiksi antara
yang satu dengan yang lain,, sedangkan yang kita yakini sebagai muslim
adalah bahwa Al-Qur'an merupakan kalamullah yang di dalamnya tidak
akan terdapat pertentangan antara ayat yang satu dengan yang lainnya
bukan? setelah itu saya mencoba untuk melihat tafsir ibnu katsir
(versi chm dalam bahasa inggris diambil dari www.tafsir.com) namun di
situ saya dapatkan perbedaan terjemahan pada surat al maarij ayat 4,,
begini terjemahan ayatnya (The angels and the Ruh ascend to Him in a
Day the measure whereof is fifty thousand years..) berbeda sekali
kan.. dan ketika dibaca tafsirnya tentu saja tidak saling bertentangan
antara as sajadah dengan al maarij karena kasusnya berbeda..

karena saya tidak mengerti bahasa arab jadi yang pertama ingin saya
tanyakan terjemahan mana yang lebih tepat untuk kedua ayat di atas,,
jika ada yang mengetahui tafsir kedua ayat ini berdasarkan kitab
tafsir yang lain saya ingin tau..

Terjemahan Al-Qur'an yang saya baca diterbitkan oleh departemen agama
republik Indonesia tahun terbitnya 1993..

terima kasih

wassalamulaikum
Qim