Wa'alaikumussalam

Ana coba jawab sesuai pemahaman ana, mohon koreksi bila ada yang salah.
Definisi ta'aruf adalah mengenal/kenalan sedangkan nadhor adalah melihat
orang yang hendak dinikahi.
Untuk mengenal orang banyak cara bisa ditempuh, bisa lewat teman, saudara
atau pernah melihat orang yang ingin dikenalnya, kemudian menghubungi
mahromnya atau minta saudara perempuannya untuk menemuinya, kalau temen
sekolah atau pernah jadi teman kerja itu sih ga perlu ta'ruf lagi tinggal
nadhor saja trus khitbah.

Sedangkan untuk nadhor langsung saja datang kerumahnya bertemu dengan
bapaknya atau saudara laki-lakinya kemudian mengutaran bahwa kedatangannya
ingin nadhor dengan si dia, alangkah baiknya kalau sebelumnya ada
pemberitahuan, untuk batasan mana yang boleh lihat silahkan simak fatwa di
bawah.

BATASAN MELIHAT CALON ISTRI
Oleh : Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
http://www.almanhaj.or.id/content/495/slash/0

Pertanyaan.
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Apabila seorang pemuda
datang untuk meminang seorang putri apakah ia wajib melihatnya ? Apakah juga
boleh perempuan itu membuka kepalanya agar tampak lebih jelas kecantikannya
bagi pelamar ? Dengan hormat saya mohon penjelasannya.

Jawaban.
Tidak apa-apa, akan tetapi tidak wajib. Dan dianjurkan kalau ia melihat
perempuan yang dilamar dan perempuan itu juga melihatnya, karena Nabi
Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kepada lelaki yang
melamar seorang perempuan agar melihatnya.

Yang demikian itu adalah lebih menumbuhkan rasa cinta kasih diantara
keduanya. Jika perempuan itu membuka muka dan kedua tanganya serta kepalanya
maka tidaklah mengapa. Sebagian Ahli ilmu (Ulama) berpendapat : Cukup muka
dan kedua tangan saja. Pendapat yang shahih adalah tidak ada pelamar melihat
kepala (perempuan yang dilamar), muka, kedua tangan dan kedua kakinya,
berdasarkan hadits di atas.

Akan tetapi hal itu tidak boleh dilakukan secara berduaan, melainkan harus
didampingi oleh ayah perempuan itu atau saudaranya yang laki-laki atau
lainnya. Sebab Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

"Artinya : Jangan sampai seorang lelaki berduaan dengan seorang wanita,
kecuali didampingi oleh mahramnya". [Muttafaq 'alaihi]

Sabda beliau juga.

"Artinya : Tiada seorang laki-laki berduaan dengan seorang perempuan
melainkan yang ketiganya adalah syetan". [Riwayat Imam At-Turmudzi dan Imam
Ahmad dari hadits Ibnu Umar, dari hadits Jabir dan dari hadits 'Amir bin
Rabi'ah]

[Majalah Al-Buhuts Al-Ilmiyah, edisi 136 dan 137, Fatwa Ibnu Baz]

[Disalin dari. Kitab Al-Fatawa Asy-Syar'iyyah Fi Al-Masa'il Al-Ashriyyah Min
Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, Penyusun Khalid Al-Juraisy, Edisi Indonesia
Fatwa-Fatwa Terkini, Penerjemah Amir Hamzah dkk, Penerbit Darul Haq]

Wallahu 'alam
abu zalfa