Wa'alaikumussalaam warohmatullahi wabarokaatuh

1. Sebaiknya anti jelaskan saja kepada orang tua anti dengan hujjah secara
perlahan-lahan serta anti berdo'a kepada Allah semoga Allah membukakan pintu
hidayah kepada orang tua anti agar mau menerima maksud anti.
2. Saya ingin sedikit bercerita tentang pengalaman saya dan istri saya [saat
awal awal istri mulai memakai cadar]. Istri saya punya keinginan memakai cadar
jauh sebelum nikah akan tetapi niatnya selalu urung karena orang tua terus
berusaha menghalangi dengan mengeluarkan bermacam-macam dalih dan cara, bahkan
cadar-cadar yang dia belipun disita alias diambil dari lemari pakaiannya...
baru setelah kita menikah dan kita tinggal terpisah dengan orang tua istri
mulai memakai cadar, awalnya kalo pas kita silaturrahim ke orang tua [mertua
saya] cadar selalu dibuka [sengaja biar mereka lihat] didepan pintu
rumahnya....tujuannya agar terkesan kita itu masih menghargai keberadaan mereka
sebagai orang tua dan tidak ingin membuat mereka marah. Waktu awal-awal istri
saya masih diomelin juga sich [dibelakang saya] tetapi istri selalu berusaha
menjelaskan ke orang tua perlahan-lahan akan keutamaan seorang wanita memakai
cadar ditengah zaman fitnah seperti sekarang ini, kewajiban mendahulukan
perintah suami dalam hal yang ma'ruf, dll.
Alhamdulillah tidak berapa lama waktu berselang mertua sudah bisa menerima dan
tidak pernah mempermasalahkan hal itu lagi.
3. Jangan takut untuk dikucilkam masyarakat apabila kita hendak melaksanakan
sunnah [memakai cadar dll], insyaAllah mereka tidak akan mengucilkan kita
apabila kita tetap menjalin hubungan baik dengan mereka, kita jangan pasif akan
tetapi kita yang harus aktif bertetangga atau bermasyarakat dengan tetap
memperhatikan rambu-rambu syari'at tentunya. Justru jika kita mengamalkan
sunnah yang baik dimana di masyarakat tersebut belum dikenal maka hal ini
adalah merupakan peluang kita untuk mendapatkan keutamaan sabda nabi
shallallahu'alaihi wa sallam : "Barangsiapa yang mencontohkan dalam Islam
sunnah yang baik, maka bagi dia pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya.
Barangsiapa yang mencontohkan sunnah yang jelek, maka atasnya dosa dan dosa
orang yang mengerjakannya." [HR.Muslim].
4. Pas pulang kampung lebaran dua tahun [tahun kemaren gak pulang karena sedang
hamil +/- 9 bulan] yang lalu-pun istri saya adalah satu-satunya orang yang
memakai cadar di kampung saya....Wallahua'lam, dan sudah barang tentu hal itu
mengundang perhatian banyak orang karena memang cadar ini masing asing di
kampung saya....tapi ya enjoyy ajaaaa..dan mudah mudahan bisa dijadikan jalan
bagi orang lain yang sudah tau keutamaan cadar dan ingin memakainya tapi belum
punya keberanian karena belum ada yg mengawalinya..

Mudah mudahan bisa buat gambaran.....

best regards
adi cahyadi
"LAUKAANA KHAIRAN LASABAQUUNAA ILAIHI"
seandainya perbuatan itu baik tentulah para sahabat telah mendahului kita
mengamalkannya