untuk akh widiy, coba antum ke sini http://www.ubuntume.com/id:start
atau googling aja, sudah banyak ko untuk turorial nya

untuk akh leo, coba antum ke System -> Prefrences -> Keyboard
lalu pilih Tab Layouts -> Add -> pilh layouts Arabic lalu di klik Add nya...

setelah itu antum pilih Layouts Options....di Layouts Switching antum pilih
sesuka hati antum...
kalau mau sama seperti di win office antum pilih (check box) aja....Alt +
Shift Change Layout....

demikian...mudah2an bermanfaat......mohon maaf jika tidak dapat membantu

ps: alhamdulillah font arabic di ubuntu 8.04 sudah bagus2

Wassalamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh....