--- Pada Kam, 11/12/08, ali_alatsary <ali_alats...@yahoo.com> menulis:
Dari: ali_alatsary <ali_alats...@yahoo.com>
Topik: [assunnah] Re: Yasinan Tiap malam Jum'at
Kepada: assunnah@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 11 Desember, 2008, 2:20 AM

wa'alaikumsalam.

semoga Allah selalu menjauhkan kita dari perkara2 yang baru yang di masukan
dalam agama kita, amin, hadist2 yang menjelaskan masalah kelebihan2 surat2
dalam al-quran kebanyakan dhoif tidak bisa kita jadikan pegangan, begitu juga
tentang kelebihan surah yasin, yang kemudian dijadikan oleh kebnyakan orang
dalam momen2 tertentu, sampai2 karna terlalu seringnya sehingga menjadi nama
khas mereka yaitu yasinan. kenapa tidak al-fatihaan atau al-baqorohan ?

kemudian bila itu baik pasti para sahabat dan ulama'2 akan mengajarkan dan
melakukan hal tersebut karna kalau itu baik pasti mereka akan meriwayatkan dan
menjelaskan nya,

hal2 yang baik yang sesuai denagn al-quran dan sunnah banyak dan sudah amat
sangat cukup buat kita maka dari itu hati2lah dari bid'ah,

syarat ibadah agar di terima itu ada dua hal:

1. ikhlas.

2. sesuai dengan yang di contohkan Rosul kita.

sekarang kita ikhlas mau yasinan, tapi apakah hal tersebut di contohkan rosul
kita? jawabnya tidak di contohkan, jadi mau di rubah kemana aja niat kita tetap
tidak akan di terima, kenapa? karna Rosul tidak memberi contoh untuk melakukan
hal tersebut, jadi solusinya adalah jauhi hal tersebut dan lakukan hal2 yang
baik yang sesuai dengan al-quran dan sunnah yang di pahami para salaf sholeh
(sahabat, tabi'in dan tabi'in tabi'in dan para ulama'2 yang mengikuti jalan
mereka, dan mereka pada zaman ini banyak sekali dan Alhamdulillah,

Allahu 'alam bisshowab.

wassalamu'alaikum

In assun...@yahoogroup s.com, Noor Adhyani
<laily_1310@ ...> wrote:

> Assalamu Alaikum Warahamtullahi Wabarakatuh,
>
> yang ingin saya tanyakan, agar tidak jatuh sebagai bid'ah harus
bagaimana? apakah niat nya yang diganti atau apa? karena kalo sudah
menjadi kebiasaan gimana apa harus dihentikan ??

> terima kasih
>
> nadhyani
>

> --- Pada Sel, 9/12/08, Abu Tanisha <theoxc...@. ..> menulis:
> Dari: Abu Tanisha <theoxc...@. ..>
> Topik: Re: [assunnah] Yasinan Tiap malam Jum'at
> Kepada: assun...@yahoogroup s.com
> Tanggal: Selasa, 9 Desember, 2008, 10:43 PM
>
> Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh
>
> Coba antum pahami pemahaman disini, di syarah bulughul maram
dijelaskan kaidah-kaidah fiqh yang lebih lengkap.

> 1. Mengenai yasinan disini, jatuh hukum dengan mengambil
kaidah-kaidah kebiasaan, dalam hal ini kebiasaan yasinan pada
waktu-waktu tertentu yang telah ditetapkan.
> 2. Adapun yasinan yang dilakukan seminggu sekali tiap malam jum'at
dan setiap menjelang ujian agar lulus jatuh pada kaidah yang sama.
> 3. Agar lulus ujian maka belajar, dan berdo'a yang banyak
dicontohkan oleh Rasulullah
> 4. Tidak ada contoh untuk membaca yasin agar lulus ujian, karena itu
bid'ah

> Kalo dari arti kata yasinan, yang ana tau bacaan-bacaan dalam buku
yasinan, yaitu termasuk surat yasin, ayat kursi, al-fatihah, an-naas,
al-falaq, al-ikhlas dan beberapa doa lainnya.
> Sedang yasin adalah surat dalam Al-qur'an yaitu yasin itu sendiri.
>
> yang jadi masalah adalah:
> 1. menjadikan membaca yasin tiap malam jum'at atau diupacara-upacara
kematian atau untuk apa saja adalah bid'ah, karena tidak dicontohkan
oleh Rasulullah dan generasi terbaik umat ini.
> 2. yasinan (pengelompokan surat-surat pada buku yasin) walau tidak
dibaca secara teratur atau dijadikan kebiasaan tetap bid'ah karena
mengelompokkan dengan surat-surat tertentu.

> koreksi jika salah
>
> Abu Tanisha

Nikmati chatting lebih sering di blog dan situs web. Gunakan Wizard Pembuat
Pingbox Online. http://id.messenger.yahoo.com/pingbox/