Assalamu`alaikum

Ana sudah melihat file yang disebutkan. Justru informasi yang disebutkan ana
khawatir kalo ada distorsi dari beberapa komentar ikhwah, salah satu manhaj
ahlussunnah adalah ketepatan dan kebenaran dalam menukil berita, bagaimana mau
menerapkan kaidah al jarh wat at`dil kalau menukil beritanya tidak tepat?

Ada yang menyebutkan bahwa MTA menolak hadits, menghalalkan anjing (untuk
dimakan?), menganggap kafir orang di luar golongannya, maka setahu ana ini
semua tidak benar.

MTA mengajarkan tafsir al Quran dengan beberapa kitab tafsir seperti Tafsir
Ibnu Katsir, Fi Dzhilalil Qur`an, Tafsir Qurthubi, at Thabary, Jalalain, yang
kitab tafsir ini juga menggunakan hadits, dan pengajian MTA sendiri tidak
menolak hadits.

Tentang menghalalkan anjing, ini sangat aneh, dan tidak benar dilakukan oleh
MTA.

Tentang zakat wajib untuk anggotanya diluar zakat yang disyariatkan ana belum
pernah mendengarnya, mungkin saja untuk pengurus dan simpatisan yang kuat ada
yang secara rutin memberi infaq untuk aktivitas MTA.

Tentang taashub sampai mengkafirkan golongan diluarnya, ini juga tidak tepat
(sejauh dari pengalaman ana berinteraksi dengan mereka, diantaranya adalah
ustadz-ustadznya) tidak ada pemikiran takfir / taashub dari mereka, karena
mereka melihat diri mereka hanya sekedar sebuah majelis pengajian tafsir al
Quran, dan banyak diantara jamaahnya yang berafilisasi dengan organisasi lain,
seperti NU, Muhammadiyah dll.

Tentang shalat Ied harus di solo, hal ini juga tidak benar.

Saya khawatir yang memberi tahu tidak mengenal dengan baik dan memvonis
serampangan atau keliru mengidentifikasi MTA dengan Inkarus Sunnah atau Jamaah
Hanya Untuk Allah dan semisalnya.

Cukuplah kita katakan bahwa MTA memiliki pemahaman bercampur antara madzhab
aqidah ahlussunnah wal jama`ah dengan asyariyah, dan memiliki pendapat fiqh
yang berbeda dengan ulama salafi, misal dalam hal gambar, musik, dll.

bahkan dalam masalah bid`ah dan syirik MTA termasuk yang berada di depan,
dimana mereka menolak amalan haul, tahlilan dsb terutama di daerah jawa Tengah
dan sekitarnya.

Ana bukan orang MTA tapi Insya Allah dekat dan berinteraksi dengan orang-orang
MTA dan cukup sering ikut ngaji di majelis MTA di jogja dulu...