Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh, Saudara sekalian.

Imam masjid dekat tempat tinggal saya, apabila mengimami pada sholat magrib,
isya' dan subuh seringkali saya mendengar beliau mengubah bunyi huruf
hijaiyah pada surah al quran. misal : Surah al fatihah ( Alhamdulillahi
robbil 'alamin -diganti- Alhamdulillahi Robbil 'alamil), Surah Muthoffifin
(wailullill muthoffifin -diganti- wailullill muthoffifil) {Maaf apabila
penulisan salah}. jadi yang seharusnya bunyi "nun mati" diganti "lam mati" ,
bahkan mengucap Amin pun diganti Amil dan itupun terjadi pada surah al quran
lainnya. Saya sudah kroscek ke makmum lainnya untuk memastikan bahwa
pendengaran saya tidak keliru. dan ternyata mereka sependapat dengan apa
yang saya dengar. Ironisnya imam tersebut tidak cedal (JAWA) bahkan imam
tersebut bisa mengucapkan bunyi "nun mati". kalau dari penampilan seperti
salaf berjenggot, tidak isbal dan kadang memakai jubah/gamis. Saya masih
terbilang orang baru di tempat tinggal sekarang, Mau amar ma'ruf, saya
khawatir akan timbul kemudharatan mengingat ilmu yang saya miliki sangat
minim. Apakah memang ada ilmunya tentang pengubahan bunyi tsb? kok imamnya
dengan semudah itu mengubah bunyi al quran yang di turunkan kepada
Rasulullah ? saya sempat berpikir apakah itu termasuk penyimpangan?
 Mohon nasehatnya apa yang harus saya lakukan?
mohon penjelasannya

Wassalamu'alaikum Warohamtullahi Wabarokatuh

Kirim email ke