From: Dr.Salamun Sastra <onc...@hotmail.com>
To: assunnah@yahoogroups.com
Sent: Wed, July 14, 2010 1:15:18 PM
Subject: RE: Bls: [assunnah] OOT : Tanya penyakit glukoma

Wassalamualaikum

Yth Sdr Dedy dan seluruh angggota milis Assunah Groups, saya dokter spesialis
mata dan termasuk kelompok dokter spesialis mata yang menangani penderita
glaukoma (bukan glukoma).Bahkan saya mendapat sertifikat sebagai dokter
spesialis mata lulusan Universitas Indonesia setelah membuat tesis penelitian
tentang glaukoma (judul tesis ini merupakan yang pertama di Indonesia waktu
itu/1984 dan dalam literatur dunia yang ketiga, jadi penelitian yang saya
lakukan sangat orisinil, bukan pengulangan ).

Kalau ingin mengetahui tentang glaukoma, silahkan membaca buku Sari Ilmu
Penyakit Mata,disusun oleh  kami berempat, juga buku pertama sejenisnya yang
terbit di Indonesia.Sangat mudah dan lumayan populer ilmiah, mulai siswa SLTA
sampai S3 bisa dengan mudah mengerti isinya.Demikian pula cukup mudah ditemukan
buku semacam di Toko Buku yang lengkap.

Mengenai pengobatan, dapat saya terangkan bahwa Dokter Spesialis mata dibagi
lagi menjadi sekian (9) Dokter Spesialis Mata dengan minat tertentu, atau juga
dibagi menjadi Dokter superspesialis.

Di Rumah Sakit pendidikan yang mendidik Dokter Spesialis Mata ada sub bagian
glaukoma.....nah disinilah berkumpul para Dokter Spesialis mata khusus glaukoma.

Walaupun ada misalnya lima dokter super spesialis mata glaukoma, tidak mesti
bahwa mereka semua menganut sistim penanganan glaukoma yang sama.Juga tiap
negara mempunyai Standar of Procedure yang berbeda tergantung keputusan
Assosiasinya.

Demikian penjelasan saya secara umum.SEMUA DOKTER SPESIALIS MATA HARUS BISA
MENANGANI PENYAKIT GLAUKOMA (!!!).

Kalau anda ingin mengetahui Dokter Spesialis Mata khusus Glaukoma, silahkan
mengubungi saya liwat japri, karena rasanya kurang etis.

Tapi kalau anda ingin berkonsultasi dengan tepat, nah, silahkan mengunjungi Sub
Bagian Glaukoma Rumah sakit pendidikan dimana saja di

Wilayah Indonesia.

Ada faktor lain, bila seseorang menderita glaukoma, maka penanganannya seumur
hidup, oleh karena itu faktor komunikasi serta kepercayaan dan lain sebagainya
sangat berpengaruh...dihal lain, kami sebagai orang yang menangani glaukoma,
oleh karena memang ahlinya jadi menganggap penyakit glaukoma itu ya biasa2 saja.

Wassalam
Prof DR Dr Salamun Sastra SpM